Daftar 10 Objek Wisata Paling Bersejarah di Kota Makassar, Apa Saja?

Advertisement

Makassar, Beritabulukumba.com – Jika salah satu kota tujuan Anda saat ini adalah Makassar, maka hendaknya kalian mampir untuk melihat beragam objek wisata bersejarah.

Disebutkan bahwa kota Makassar ini sendiri merupakan destinasi wisata alam yang beragam keunggulan, mulai dari daya tarik wisatanya, kuliner, adat serta ketagaman budayanya.

Kota yang terletak di Sulawesi Selatan, Makassar ini menawarkan beberapa tempat bersejarah yang penting untuk dipahami dan dijaga kelestariannya. Berikut 10 daftarnya:

Destinasi wisata bersejarah di Makassar, Benteng Rotterdam. (Foto: Republika) (Beritabulukumba.com)

1. Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Selatan 

Advertisement

Tempat ini dibangun sejak awal abad ke-20 sebagai kediaman resmi Gubernur Sulawesi Selatan. Setelah kemerdekaan Indonesia, rumah ini tetap digunakan sebagai kediaman resmi Gubernur Sulawesi Selatan.

2. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam adalah salah satu tempat wisata sejarah Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Benteng ini dibangun oleh Belanda pada abad ke-17 sebagai pusat perdagangan dan pertahanan di Makassar.

3. Masjid Raya Makassar

Advertisement

Masjid ini merupakan ikon utama Kota Makassar dan menjadi salah satu destinasi wisata religi yang terkenal di Indonesia. Dan dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1999.

4. Taman Makam Pahlawan

Taman Makan Pahlawan Makassar merupakan salah satu dari 7 TMP nasional yang ada di Indonesia dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1964. Ini dibangun untuk mengenang para pahlawan nasional yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

5. Kampung Ujung Makassar

Advertisement

Di kampung ini, pengunjung dapat melihat langsung kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan yang masih mempertahankan budaya dan tradisi leluhur. Dan dijadikan tempat membeli oleh-oleh khas Sulawesi Selatan seperti kain tenun, perhiasan, dan kerajinan tangan lainnya.

6. Makam Pangeran Diponegoro

Kompleks Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro berisi total 60 kuburan, dengan luas 550 meter persegi. Semuanya memiliki hubungan darah dengan sang pejuang atau pengikut setianya.

7. Fort Somba Opu

Advertisement

Di area Fort Somba Opu juga terdapat berbagai macam bangunan dan monumen bersejarah seperti istana, masjid, dan makam para raja Gowa-Tallo. juga terdapat pasar tradisional dan pusat kerajinan tangan seperti souvenir dan oleh-oleh khas Makassar.

8. Monumen Mandala

Monumen Mandala dibangun untuk memperingati Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat), yakni upaya pemerintah Indonesia di bawah Soekarno untuk merebut Irian Barat dari Belanda dan berlangsung dari Januari 1961 sampai Agustus 1962.

9. Klenteng Xian Ma

Advertisement

Banyak riwayat menyebut inilah rumah ibadah orang Tionghoa tertua di Makassar, sebab didirikan pada tahun 1864. Kalau dihitung-hitung, usianya sudah mencapai 157 tahun, statusnya pun istimewa lantaran punya patung dewa-dewi terlengkap.

10. Gereja Katedral Makassar

Gereja ini sendiri dibangun seiring hadirnya pastor di Makassar untuk kali kedua setelah 225 tahun. Dan gereja ini berada tak jauh dari Lapangan Karebosi, Gereja Katedral Makassar dibangun pada 1895 usai dicetuskan Pastor Aselbergs SJ.

Nah, itulah sepuluh macam tempat destinasi wisata paling bersejarah di kota Makassar yang kami rekomendasikan buat Anda untuk dikunjungi. ***

Advertisement
Advertisement

Komentar