• Rabu, 17 Agustus 2022

PPATK Duga 176 Lembaga Selewengkan Dana

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:50 WIB
PPATK Duga 176 Lembaga Selewengkan Dana (Beritabulukumba.com)
PPATK Duga 176 Lembaga Selewengkan Dana (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana menyebut, terdapat 176 lembaga selain yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang diduga menyelewengkan dana.

Hal tersebut disampaikan setelah menggelar pertemuan dengan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

"Pada kasus yang terakhir dan seperti yang disebutkan Mensos, tadi ada 176 entitas lainnya yang diserahkan ke beliau untuk diperdalam selain kasus yang marak saat ini (ACT) ditangani teman-teman Bareskrim," ujar Ivan kepada wartawan di gedung Kemensos, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Berkat Dukungan Bank BRI, Usaha Dawet Kemayu Bangkit dari Keterpurukan

Ivan menyebut melaporkan temuan tersebut kepada Bareskrim Polri untuk mendalami kasus yang diduga mempunyai modus yang sama seperti ACT.

"Kami nyatakan, ACT ini bukan satu-satunya. Jadi kita masih menduga ada lembaga-lembaga lain yang memiliki kegiatan serupa, dan 176 tadi salah satu diantaranya yang kemungkinan (menyelewengkan dana) kami sudah serahkan ke penegak hukum," ungkapnya.

"Ya rata-rata memang modusnya adalah sama, ya penggunaan dana yang dihimpun publik itu tidak sesuai dengan peruntukan semestinya," jelasnya.

Baca Juga: Jika Harga Saham Naik Hari Ini, Kapan Take Profit?

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membentuk satuan tugas (satgas) untuk meningkatkan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) dan pengelolaan bantuan sosial (bansos).

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tangkap Delapan Pengelola Judi Online

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:59 WIB

Presiden Jokowi Minta Kasus Brigadir J Diusut Tuntas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:10 WIB

Hari ke-6, 13 Parpol Mendaftar Peserta Pemilu 2024

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:49 WIB
X