• Senin, 15 Agustus 2022

Wabup Nahkodai Ittihad Persaudaraan Imam Masjid Bulukumba

- Kamis, 10 Februari 2022 | 10:59 WIB
bupup
bupup

Bulukumba,- Wakil Bupati A Edy Manaf dilantik sebagai Ketua Umum Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kabupaten Bulukumba Periode 2021-2025. Wabup yang didaulat sebagai komandannya para Imam Masjid se Kabupaten Bulukumba menginginkan organisasi ini dapat berkontribusi ke masyarakat.

"Ini adalah amanah mulia. Nah, tanggung jawab kita untuk membesarkan organisasi, serta berkontribusi ke masyarakat," kata Edy Manaf dalam sambutannya di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba, Rabu 9 Februari 2022.

Edy Manaf menyebut, jumlah Imam Masjid di Bulukumba, hampir mencapai 2000 orang. Olehnya ia berjanji untuk mengelola organisasi IPIM dengan baik.

"Kita harus mulai memikirkan kesejahteraannya Imam yang menjadi panutan kita. Pada dasarnya imam juga akan menuntun kita masuk ke syurga," ujarnya.

"Nasaba' ko massala-salangngi Imam'e. Massala-salang toi tu makmun'e. Artinya, sebab kalau Imam salah, maka Makmun ikut salah," terang Edy Manaf menambahkan.

Wakil Ketua Umum IPIM Sulsel, H Syamsuddin Nur meyakini organisasi IPIM dapat tumbuh besar menjalankan amanah dan pengabdian di Kabupaten Bulukumba.

Ia mengatakan IPIM adalah organisasi yang banyak peminat, tak hanya di Bulukumba. Di daerah lain pun demikian, seperti di Jeneponto Sekda yang belum lama ini beralih tugas dan di Takalar ada Ketua DPRD.

"Di daerah lain, ada Kepala Dinas, Eselon II dan seterusnya," kata Syamsuddin Nur dalam sambutannya usai melantik pengurus IPIM Bulukumba.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Agama, H Suherman mengatakan, IPIM Bulukumba diharapkan dapat menopang dan meningkatkan kualitas pengurus dalam mengemban amanah ke depan.

Sebab katanya, seorang Imam harus mampu mengakomodasi kebutuhan jamaah dengan pengetahuan mendalam tentang Alquran dan Hadis.

"Harapan kita semua, seperti program-program pembinaan Imam Masjid, pembinaan jamaah dan masyarakat secara umum

Salah satu unsur yang besar peranannya adalah Imam Masjid. Olehnya dibutuhkan peningkatan kualitas bagi Imam Masjid, sehingga jamaah senang datang ke masjid dan akan memakmurkan masjid.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf yang hadir menyaksikan pelantikan menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan Pimpinan Daerah Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kabupaten Bulukumba.

"Tentu juga ini menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan karena organisasi IPIM dipimpin langsung oleh saudara Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf," ungkapnya.

Olehnya itu, lanjutnya kita harapkan IPIM terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan fungsi-fungsi yang strategis dalam rangka menciptakan suasana dan stabilitas yang kondusif, khususnya pada sektor keagamaan.

"Imam Masjid adalah salah satu pranata sosial di lingkungan kita yang memiliki peran vital dan strategis dalam pembinaan kemasyarakatan," imbuhnya.

Mengingat pentingnya keberadaan para imam masjid, tambah Bupati maka dalam melakukan upaya pembinaan para imam masjid, Pemerintah Daerah berkewajiban memberikan perhatian berupa pemberian insentif kepada para imam masjid melalui anggaran APBD setiap tahunnya.

Di jajaran Pimpinan Daerah IPIM Bulukumba lainnya, ada HM Yusuf Shandy sebagai Ketua Harian, Syukriadi sebagai Sekretaris Umum dan H. Safiuddin sebagai Bendahara Umum

Editor: Administrator

Terkini

Presiden Jokowi Minta Kasus Brigadir J Diusut Tuntas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:10 WIB

Hari ke-6, 13 Parpol Mendaftar Peserta Pemilu 2024

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:49 WIB

Pasien Covid-19 di RS Alami Kenaikan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:53 WIB

PPATK Duga 176 Lembaga Selewengkan Dana

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:50 WIB

Kasus Binomo, Indra Kenz Jalani Sidang 12 Agustus

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:11 WIB
X