• Senin, 15 Agustus 2022

Ayo Kunci Ponsel Anda, Jangan Sepelekan

- Jumat, 30 September 2016 | 06:59 WIB

BULUKUMBA,BBOnews.com -- Era digital adalah era tanpa batas yang memudahkan komunikasi. Salah satu alat komunikasi dan hiburan yang paling populer adalah gadget atau ponsel.

Gadget inilah yang sepertinya sangat berharga. Tak heran pula jika ponsel ini menjadi 'permainan' wajib saat bekerja, istirahat atau dalam perjalanan. Tak sekadar mengirim pesan, lebih pada melakukan aktivitas menghibur sebut saja bermain game, membuka layanan sosial media atau sekadar berselfie.

Sehingga banyak mengatakan bahwa ponsel adalah 'kekasih' pertama. Jika demikian seberapa penting Anda menjaga ponsel atau gadget Anda. Jika sangat penting maka wajib pula Anda mengamankan data dan privasi di dalamnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan kunci pengaman ponsel dengan pin atau password. Tergantung dengan tipe dan merek ponsel yang dimiliki.

Kunci pengaman yang kerap muncul di layar ponsel ini bak pagar yang wajib anda kunci rapat-rapat. Beberapa kejadian, akibat kecerobohan ponsel berada di tangan orang tak dikenal. Saat itulah data privasi diobok-obok. Bahkan foto pribadi disebar di tempat lain. Jika Anda memberinya kunci pengaman, maka kemungkinan masih sulit untuk dibobol karena perlu keahlian khusus.

Namun jika ponsel Anda tidak diberikan pengaman maka kesempatan membongkar isi ponsel Anda besar pula. Belum lagi akun penting lainnya yang sudah bisa diakses, baik sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter atau BBM. Belum lagi akun bisnis dari Google atau PayPal jika Anda menginstalnya. Jadi, tunggu apalagi amankan data dan privasi Anda dengan pengaman kunci telepon.

Penulis: Jiem

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Presiden Jokowi Minta Kasus Brigadir J Diusut Tuntas

Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:10 WIB

Hari ke-6, 13 Parpol Mendaftar Peserta Pemilu 2024

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:49 WIB

Pasien Covid-19 di RS Alami Kenaikan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:53 WIB

PPATK Duga 176 Lembaga Selewengkan Dana

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:50 WIB

Kasus Binomo, Indra Kenz Jalani Sidang 12 Agustus

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:11 WIB
X