• Kamis, 7 Juli 2022

Andi Agung Mappiwali Jabat Ketua Adat Karaeng Langnge-Langnge Bulukumba

- Jumat, 27 Mei 2022 | 06:28 WIB
Andi Agung Mappiwali Jabat Ketua Adat Karaeng Langnge-Langnge Bulukumba (Beritabulukumba.com)
Andi Agung Mappiwali Jabat Ketua Adat Karaeng Langnge-Langnge Bulukumba (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM – Mantan Camat Herlang Andi Agung Karaeng Mappiwali, resmi menjadi Ketua Lembaga Adat Langnge-Langnge yang diikuti dengan pelantikan pengurus lainnya.

Itu setelah dirinya lantik oleh Karaeng Lembang Parang Sombayya ri Gowa, Raja Gowa ke 38, Andi Kumala Andi Idjo, di Balla Lompoa, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang, Bulukumba, Kamis, 26 Mei 2022.

Beberapa tarian dari adat khas Bugis Makassar dipersembahkan dalam kegiatan pengukuhan, seperti Gaderang Bulo dan Angngaru, serta tarian Pa'duppa menjadi penyambutan Raja Gowa saat menginjakkan kaki di wilayah kerajaan Lange-lange di masa lalu.

Baca Juga: Humas Pemkab: H Amry Sah Ketua Umum ICDT Bulukumba

Ketua Panitia Kegiatan Pengukuhan, Andi Rukmawati mengatakan, jika Andi Agung Karaeng Mappiwali merupakan kakak dari Permaisuri Kerajaan Gowa, Andi Hikmawati Kumala Idjo.

Dia adalah anak dari Karaeng Mappiwali Petta Lolo Karaeng Langnge-Langnge yang merupakan Kepala Distrik Langnge-Langnge, sekaligus Camat Herlang pertama setelah masa distrik berakhir.

Andi Kumala Andi Idjo dalam sambutannya menyampaikan, empat tahun lalu dirinya mendapat penghargaan dari Presiden sebagai penggiat budaya Nusantara, sehingga ia juga berharap dari Bulukumba nantinya juga akan ada sosok yang mendapat penghargaan yang sama.

Baca Juga: Keren! Surga Sunrise di Bulukumba, Ini Sembilan Potret Pantai Marumasa

Lebih lanjut diungkapkan bulan depan akan dilaksanakan Festival Adat se Sulawesi Selatan. Biasanya akan dihadiri juga oleh lembaga atau pemangku adat dari luar Sulawesi Selatan.

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asyik! Outlet Pizza Hut Hadir di Bulukumba

Senin, 27 Juni 2022 | 17:26 WIB

Banjir Bandang Terjang Desa Purasari Bogor

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:35 WIB

Viral Konvoi Khilafatul Muslimin, Ini Kata MUI

Selasa, 31 Mei 2022 | 19:04 WIB
X