• Kamis, 7 Juli 2022

Dinas Perikanan Tawarkan Cara Cerdas Cari Ikan (Cecar)

- Selasa, 17 Mei 2022 | 09:42 WIB
Dinas Perikanan Tawarkan Cara Cerdas Cari Ikan (Cecar) (Beritabulukumba.com)
Dinas Perikanan Tawarkan Cara Cerdas Cari Ikan (Cecar) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan Bulukumba menggagas dan menawarkan cara Cerdas Cari Ikan (Cecar).

Tawaran Cecar ini untuk memudahkan nelayan atau masyarakat yang hobbi mancing untuk mendapatkan spot-spot potensi yang banyak ikannya.

Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan, Yusli Sandi mengatakan, jika dulu nelayan atau pemancing mencari ikan di laut hanya pakai praduga atau mengandalkan terkaan saja.

Baca Juga: Kronologi Pembunuhan Istri dan Anak di Bulukumba, Pelaku Gantung Diri

Namun sekarang, kata Yusli nelayan tidak perlu lagi menduga-duga, karena dengan bantuan satelit kita dapat mendeteksi klorofil-a (plankton yang menjadi makanan ikan) sehingga daerah atau lokasi tangkapan ikan (fishing ground) lebih pasti.

Asumsinya jika terjadi kelimpahan makanan ikan, akan terjadi pula kelimpahan ikan, karena secara naluria ikan bermigrasi untuk mencari makanan.

Dikatakan, cara menentukan lokasi ikan yaitu dengan cara menganalisis data citra satelit secara time series oleh Balai Riset Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dari informasi satelit ini, nelayan bisa memasukkan titik koordinat yang diberikan di GPS atau Google Map android sebagai panduan.

Baca Juga: Olivia Rodrigo, Raih Tujuh Penghargaan Terbanyak di Billboard Music Awards 2022

“Hasil analisis lokasi fishing ground (titik koordinat) tersebut selanjutnya disebar via grup WA atau SMS ke nelayan secara langsung,” ungkapnya Yusli, Selasa 17 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asyik! Outlet Pizza Hut Hadir di Bulukumba

Senin, 27 Juni 2022 | 17:26 WIB

Banjir Bandang Terjang Desa Purasari Bogor

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:35 WIB

Viral Konvoi Khilafatul Muslimin, Ini Kata MUI

Selasa, 31 Mei 2022 | 19:04 WIB
X