• Minggu, 29 Mei 2022

Cegah Stunting Dari Hulu Melalui Pendampingan Pranikah

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:03 WIB
Cegah Stunting Dari Hulu Melalui Pendampingan Pranikah (Beritabulukumba.com)
Cegah Stunting Dari Hulu Melalui Pendampingan Pranikah (Beritabulukumba.com)

BeritaBulukumba,.com - Untuk mendukung kinerja tim percepatan penurunan Stunting maka perlu dilakukan kerjasama dan kolaborasi lintas sektor. Sebab menyiapkan generasi terbaik merupakan tanggung jawab bersama.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, dr. Wahyuni menyebutkan salah satu permasalahan yang melatarbelakangi terjadinya Stunting bermula dari masa kehamilan sampai usia anak dua tahun. Di fase inilah masa krusial bagi orang tua wajib memperhatikan asupan gizi.

Olehnya itu, untuk mencegah Stunting lebih dini maka diperlukan langkah dari hulu dengan melakukan pendampingan para calon pengantin selama 3 bulan pranikah.

Baca Juga: Junior Roberts Kepincut Callista Arum di 'Roda Roda Gila', Ini Jadwal Tayangnya

"Melalui pendampingan pranikah ini, calon pengantin akan siap kondisi kesehatannya, siap untuk hamil dan siap melahirkan anak yang sehat," kata Wahyuni pada acara Penandatanganan Komitmen Bersama di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat 13 Mei 2022.

Dikatakan, dalam proses pendampingan ini, pihaknya kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan jajajarannya di Kantor Urusan Agama (KUA) seluruh kecamatan.

dr. Wahyuni juga menyebut pihaknya juga telah menyiapkan tim pendamping yang akan melayani para calon pengantin di seluruh desa kelurahan.

Baca Juga: Raffi Ahmad Datangi Polda Metro, Terkait Medina Zein?

"Banyak cara untuk mencegah Stunting, salah satunya pencegahan dari hulu dengan mempersiapkan calon pengantin yang sehat 3 bulan sebelum menikah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi adanya kekurangan gizi atau anemia. Proses pemeriksaan kesehatan juga sifatnya gratis," bebernya.

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X