• Selasa, 29 November 2022

Bupati Andi Utta Hadiri Harmonisasi Batas Wilayah Bulukumba-Bantaeng di Kemendagri

- Rabu, 16 Maret 2022 | 13:23 WIB
Foto : Bupati Bulukumba - H.A. Muchtar Ali Yusuf - Pembahasan Draf Permendagri Tentang Batas Daerah di Jakarta (Rabu, 16/Maret/2022).
Foto : Bupati Bulukumba - H.A. Muchtar Ali Yusuf - Pembahasan Draf Permendagri Tentang Batas Daerah di Jakarta (Rabu, 16/Maret/2022).

BERITABULUKUMBA.COM - Didampingi Kepala Bagian Pemerintahan Setda, Thaiyeb Maningkasi, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf mengikuti pertemuan pembahasan dan harmonisasi draf Permendagri tentang Batas Daerah Kabupaten Bulukumba- Kabupaten Bantaeng yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Millenium Jakarta, Selasa 15 Maret 2022.

Menurut Thaiyeb Maningkasi, pembahasan draf Permendagri tentang Batas Daerah ini merupakan tindaklanjut dari pembahasan dan penggodokan sebelumnya yang telah dilakukan di Makassar dan kedua pemerintah kabupaten (Bulukumba-Bantaeng) sepakat melalui berita acara untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu penyusunan draf Permendagri Batas Daerah.

Dikatakan, untuk batas Bulukumba-Bantaeng ada 40 titik Pilar Acuan Batas Utama (PABU) yang telah ditentukan dan disepakati untuk dituangkan dalam Permendagri. Sebagian besar diantara titik PABU tersebut mengikuti batas alam berupa sungai, seperti bentangan sungai Kalumessang.

Baca Juga: Diajak Ketua DPRD, Raffi Ahmad Siap ke Bulukumba dan Beli Perahu Pinisi

“Dalam draf ini, PABU 01 terletak di Desa Baruga Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng yang berbatasan dengan Kelurahan Mariorennu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba,” bebernya.

Selain Bulukumba-Bantaeng, Kemendagri juga mengundang Pemerintah Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru dan Kabupaten Bone untuk membahas draf Permendagri Batas Daerah masing-masing.

Sementara itu Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba, mengaku pembahasan draf Permendagri ini adalah progres yang bagus dalam menetapkan batas daerah, sehingga ada kejelasan dan aturan yang mengikat kedua daerah dalam mengelola sumber daya alam masing-masing.

Baca Juga: Dilantik Hari Ini Jadi Gubernur Sulsel, Bupati Andi Utta Beri Ucapan Selamat ke Andi Sudirman Sulaiman

“Ini bagus (Permendagri), sehingga kita bisa mengambil kebijakan dalam pengelolaan sumber daya alam, misalnya pengelolaan sumber daya air,” singkatnya.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Obat Tramadol Hingga Haxymer di Amankan Polisi

Selasa, 8 November 2022 | 17:26 WIB

Viral! Seorang Suami Pukul Istrinya di Jalan Raya

Minggu, 6 November 2022 | 18:10 WIB

Kebab Turkiyem Bulukumba, Lezatnya Minta Nambah Terus

Minggu, 30 Oktober 2022 | 13:28 WIB

Profil dan Biodata AM Sukri Sappewali

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 09:27 WIB

Kebakaran di Pondok Pesantren Babul Khaer Bulukumba

Jumat, 21 Oktober 2022 | 07:30 WIB

Ruben Onsu Hadiri Pemeriksaan Polres Metro Jaksel

Senin, 17 Oktober 2022 | 12:52 WIB

Live Streaming Youtube: Sidang Perdana Ferdy Sambo

Senin, 17 Oktober 2022 | 10:40 WIB
X