Maksimalkan Pembinaan Pramuka kepada Peserta Didik, Kwarran Herlang Gelar KMD

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 08:24 WIB
Wabup Andi Edy Manaf
Wabup Andi Edy Manaf

BERITABULUKUMBA.COM - Kurangnya guru pembina yang menjadi lulusan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka di Kecamatan Herlang menjadi keprihatinan tersendiri karena tidak mampu memaksimalkan pembinaan Pramuka kepada peserta didik, baik di Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun sederajat.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Kwartir Ranting (Kwarran Herlang) Rostiani saat kegiatan pembukaan KMD Golongan Penggalang Bagi Pembina SD dan SMP se Kecamatan Herlang yang digelar di SD Negeri 124 Batuasang Herlang, Jumat 4 Maret 2022.

Menurutnya, jumlah guru pembina lulusan KMD saat ini di Kecamatan Herlang tidak cukup 10 orang, sehingga pihaknya menginisiasi melaksanakan KMD untuk melatih para guru pembina SD maupun SMP.

Baca Juga: Andi Utta Resmikan Masjid Ka'bah Siti Aisyah di Tanete Bulukumba

Jumlah guru pembina Pramuka, tambahnya tidak sebanding dengan jumlah peserta didik, sehingga untuk memaksimalkan pembinaan Pramuka di sekolah, para guru harus dilatih dulu mengenai Gerakan Pramuka.

“Bagaimana bisa melatih Pramuka kepada peserta didik, jika para guru belum mendapat bekal pemahaman yang cukup mengenai kepramukaan,” ungkap Rostini.

Dikatakan jumlah peserta KMD sebanyak 37 orang yang akan mengikuti kegiatan selama 6 hari. Adapun pemateri dan fasilitator KMD berasal dari korps pelatih yang tergabung dalam Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kwarcab Pramuka Bulukumba.

Baca Juga: Cerita Musisi Muda Wang Ik Fang, Kaget Live di FB Tembus 19 Ribu Penonton

Sementara itu, Wakil Bupati Andi Edy Manaf selaku Ketua Kwarcab Pramuka yang membuka KMD secara resmi menyampaikan bahwa dengan diadakannya pelaksanaan KMD, maka para guru-guru nantinya semakin termotivasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Pramuka di sekolah masing-masing.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asyik! Outlet Pizza Hut Hadir di Bulukumba

Senin, 27 Juni 2022 | 17:26 WIB

Banjir Bandang Terjang Desa Purasari Bogor

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:35 WIB

Viral Konvoi Khilafatul Muslimin, Ini Kata MUI

Selasa, 31 Mei 2022 | 19:04 WIB
X