• Minggu, 29 Januari 2023

Manfaat Jeruk Bali, Kurangi Kanker hingga Cegah Batu Ginjal

- Senin, 2 Januari 2023 | 10:14 WIB
Manfaat jeruk Bali bagi kesehatan sangat banyak karena berbagai macam kandungan yang ada di jeruk Bali. (Freepik/KamranAydinov)
Manfaat jeruk Bali bagi kesehatan sangat banyak karena berbagai macam kandungan yang ada di jeruk Bali. (Freepik/KamranAydinov)

Jakarta, Beritabulukumba.com - Jeruk bali memang rasanya yang segar dan enak tapi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan zat gizi dan nutrisi.

Buah yang dikenal dengan nama latin Citrus grandis atau Citrus maxima ini merupakan sejenis buah jeruk. Uniknya, daging buahnya berbulir dengan warna merah-oranye dan rasa yang cenderung terasa manis bercampur asam dan sedikit getir.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (2/1/2023), berikut sejumlah manfaat mengkonsumsi jeruk bali bagi kesehatan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Warga Bersama Raih Peluang Baru di Tahun 2023

1. Mengurangi Risiko Kanker
Banyak penelitian yang menunjukkan adanya keterkaitan buah sitrus, termasuk jeruk bali, dengan menurunnya risiko terkena penyakit kanker.

Hal ini karena buah sitrus mengandung senyawa flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari serangan kanker. Flavonoid merupakan sejenis antioksidan yang berperan penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengonsumsi jeruk bali bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Sebab, kandungan serat dan flavonoid dalam buah sitrus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: Lagi Viral, Ini Empat Manfaat Permainan Tradisional Latto-latto

Efek ini penting untuk mencegah terbentuknya plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Hal ini membuat buah jeruk bali baik dikonsumsi sebagai buah untuk penyakit jantung.

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB

Tips Kesehatan Mental

Rabu, 28 Desember 2022 | 22:58 WIB

Ini Manfaat Berlibur ke Pantai Bagi Kesehatan

Minggu, 11 Desember 2022 | 22:47 WIB

Kotoran Telinga Pengaruhi Tingkat Stres

Minggu, 4 Desember 2022 | 12:15 WIB

Tak Sekadar Bumbu Masakan, Ini Manfaat Lada Hitam

Senin, 28 November 2022 | 10:35 WIB

Studi WHO: Anak Muda Berisiko Tuli Akibat Headphone

Jumat, 18 November 2022 | 10:58 WIB
X