Dengar Kicauan Burung Buat Hidup Lebih Bahagia, Percaya?

- Selasa, 1 November 2022 | 03:17 WIB
Kicauan burung bisa membawa manfaat bagi kesehatan mental. (Foto: PMJ News/Dok Net/Beritasinjai.com) (Beritabulukumba.com)
Kicauan burung bisa membawa manfaat bagi kesehatan mental. (Foto: PMJ News/Dok Net/Beritasinjai.com) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Burung kicau menjadi satu di antara jenis burung yang diminati untuk diperlihara. Burung kicau digemari karena suara dan bentuk warnanya yang indah.

Ada banyak alasan mengapa mereka memelihara burung, ada yang memelihara karena suka pada warna burung yang indah, dan ada pula karena suka suara kicauan burung yang bagus.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman Beritasinjai.com melansir PMJ News. Tak hanya bentuk tubuhnya yang menggemaskan, burung juga menjadi hewan peliharaan yang banyak diidolakan.

Baca Juga: Lion Air Polisikan Akun IG @lelahmiskinproject dan @ramdanalamsyah.id

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari King's College London mengungkapkan bahwa burung adalah hewan yang bisa membawa manfaat bagi kesehatan mental.

Bahkan hanya dengan mendengarkan kicauan burung, melihat burung, atau menjumpai burung bisa membantu memperbaiki suasana hati pada orang yang depresi dan juga populasi umum.

Studi ini melibatkan sekitar 1.300 partisipan di Inggris, Eropa, Amerika Serikat, Australia, dan China. Selama studi berlangsung, para partisipan diminta menggunakan sebuah aplikasi ponsel pintar bernama Urban Mind.

Baca Juga: Mujarab, Lima Buah Ini Dipercaya Ampuh Redakan Sakit Maag

Para partisipan setiap hari diminta untuk mencatat perasaan mereka di hari itu di aplikasi. Para partisipan juga diminta untuk memberikan keterangan bila mereka melihat pohon, melihat burung, atau mendengar kicauan burung.

Hasil studi menunjukkan skor kesehatan mental para partisipan umumnya mengalami peningkatan ketika mereka melihat atau mendengar kicauan burung. Peningkatan skor ini juga terjadi pada partisipan yang terdiagnosis dengan depresi.

Terlait temuan ini, peneliti dari King's College London, Prof Andrea Mechelli menilai pentingnya memiliki populasi burung yang sehat di tengah masyarakat. Situasi ini mungkin akan semakin bermanfaat di lingkungan perkotaan.

Baca Juga: Lima Jaksa untuk Sidang Nikita Mirzani

Untuk bisa memiliki populasi burung yang sehat, Prof Mechelli menilai perlu adanya lingkungan yang mendukung. Contohnya adalah lingkungan yang dikelilingi dengan tanaman atau pepohonan.

"Kita perlu merawat seluruh ekosistem di dalam kota-kota kita," ujar Prof Mechelli seperti dilansir dari laman WebMD, Minggu (30/10/2022).

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khasiat Daun Jeruk Purut, Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:49 WIB

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB
X