Cegah Kanker Ganas dan Mematikan, Segera Konsumsi Lima Makanan Ini

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 10:02 WIB
Penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. (Foto: Hellosehat/Ilustrasi/PMJ News/Hadi). (Beritabulukumba.com)
Penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. (Foto: Hellosehat/Ilustrasi/PMJ News/Hadi). (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Penyakit kanker adalah penyakit kompleks dengan banyak kemungkinan penyebab, mulai dari genetika hingga bahan kimia. Selain jantung dan stroke, kanker masih menjadi penyakit ganas yang menyebabkan kematian paling tinggi di dunia.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJ News melansir Consumer Rpoerts, Selasa (25/10/2022). American Cancer Society menyebut sekitar 42 persen dari semua kasus kanker dapat dicegah dengan mengikuti pola makan sehat dan perubahan gaya hidup.

Direktur program nutrisi di Institut Amerika untuk Penelitian Kanker, Sheena Patel mengatakan makanan nabati dapat memperlambat pemicu kanker.

Baca Juga: Ayo Dicoba! Tes Darah Bisa Deteksi Kanker

"Makanan nabati mengandung vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat memperlambat atau menghentikan beberapa proses pemicu kanker atau pertumbuhannya, seperti peradangan dan kerusakan DNA," jelas Sheena Patel.

Berikut delapan makanan yang disebut bisa mencegah kanker.

1. Brokoli dan Kembang Kol
Sayuran silangan ini, kelompok yang juga mencakup kubis brussel, kangkung, dan lobak, memiliki rasa pahit dari isothiocyanates. Senyawa ini mengurangi peradangan dan menonaktifkan bahan kimia penyebab kanker.

Baca Juga: Update, Lima Cara Ini Agar Ginjal Tetap Sehat

Seorang profesor onkologi di Roswell Park Comprehensive Cancer Center di Buffalo, NY, Kirsten Moysich menjelaskan pilihlah cara untuk memasaknya, yaitu menumis atau mengukus daripada merebus.

2. Kacang
Ngemil satu ons kacang setiap hari mengurangi risiko kanker sebesar 15 persen. Kacang memiliki vitamin E dan fitokimia, serta antioksidan lainnya yang dapat menangkal perubahan sel penyebab kanker.

3. Wortel
Wortel memasok karotenoid, terutama beta karoten. Wortel secara teratur dapat melindungi dari kanker payudara, kolorektal, dan paru-paru. Selain mengemil wortel mentah, coba gunakan wortel cincang atau parut dalam sup, smoothie, dan saus spageti.

Baca Juga: Porprov Sulsel: Lempar Cakram dan Catur Sumbang Emas untuk Bulukumba

4. Sayuran Hijau Berdaun Gelap
Patel mengatakan sayuran ini mengandung berbagai vitamin, termasuk A, C, dan K, ditambah potasium dan serat. Sayuran berdaun gelap juga tinggi karotenoid dan vitamin B folat, yang keduanya dapat membantu menjaga dari kerusakan DNA.

Bayam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, yang dapat melindungi dari kanker kulit.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khasiat Daun Jeruk Purut, Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:49 WIB

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB
X