Info Sehat, Empat Buah Ini Ampuh Sembuhkan Penderita Diabetes

- Senin, 24 Oktober 2022 | 13:30 WIB
Makan buah dipercaya bisa mengontrol gula darah. (Foto: Alene/PMJ News/Hadi) (Beritabulukumba.com)
Makan buah dipercaya bisa mengontrol gula darah. (Foto: Alene/PMJ News/Hadi) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Buah-buahan dikenal sebagai makanan super yang menyediakan berbagai macam asupan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan anak.

Ternyata mengkonsumsi buah dan sayuran dengan jumlah tersebut memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit berat seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan demensia.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJ News melansir Health Line, pada Senin (24/10/2022), Banyak ahli kesehatan menyebut pola makan adalah bagian paling penting untuk mengontrol kadar gula bagi penderita prediabetes, diabetes , gula rendah atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah.

Baca Juga: Download Sekarang! Aplikasi Ruangguru Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Untuk mengontrol gula darah, Anda disarankan untuk menggonsumsi buah-buahan. Berikut ini buah-buahan yang bisa memperbaiki kadar gula darah :

1. Alpukat
Selain lembut dan rasanya lezat, alpukat dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dan menambahkannya ke makanan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian telah menemukan, bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari perkembangan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

Baca Juga: Tips Sehat, Hindari Lima Hal Ini Setelah Makan

2. Apel
Apel mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes.

Meskipun konsumsi buah total telah terbukti menurunkan risiko diabetes, makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Sebuah studi menguji 187 ribu orang menemukan, bahwa asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah.

Baca Juga: Perolehan Medali Porprov Sulsel Hari Ini, Senin 24 Oktober 2022

3. Berries
Sejumlah penelitian mengatakan, asupan berry baik untuk meningkatkan kontrol gula darah. Buah beri sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, serta merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan, bahwa makan dua cangkir atau setara 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan, dapat mengurangi insulin pasca makan dan gula darah pada orang dewasa dengan prediabetes.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khasiat Daun Jeruk Purut, Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:49 WIB

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB
X