Stop, Lima Kebiasaan Ini Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 10:27 WIB
Kebiasaan menggigit kuku bisa pengaruhi kondisi kesehatan. (Foto: Peopleimages/PMJ News/Ilustrasi) (Beritabulukumba.com)
Kebiasaan menggigit kuku bisa pengaruhi kondisi kesehatan. (Foto: Peopleimages/PMJ News/Ilustrasi) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Beberapa kebiasaan harian yang dilakukan rupanya memiliki dampak buruk bagi tubuh loh. Tahukan kamu, jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan dengan waktu yang cukup lama maka hal itu bisa mempengaruhi kesehatan.

Beberapa kebiasaan tersebut mungkin lebih sulit dikenali, terutama jika itu adalah bagian dari rutinitas normal kita. Kita mungkin tidak langsung merasakan efek berbahaya apa pun.

Tetapi seiring waktu dampaknya bisa berakibat serius pada kesehatan kita, baik secara fisik maupun mental.

Baca Juga: Professor Harvard: Tak Ada Bank di Dunia Sesukses BRI Berdayakan UMKM

Sejatinya ada cukup banyak ragam kebiasaan sehari-hari yang bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan, namun sebagian orang mungkin menyadari dan bahkan tidak terlalu memikirkannya.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJ News melansir WebMD, pada Mingggi, (23/10/2022), berikut lima kebiasaan harian yang bisa saja membawa dampak buruk bagi kesehatan dan sebaiknya Anda hindari.

1. Menggigit Kuku
Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan tanpa sadar adalah menggigit kuku. Kebiasaan ini tak hanya bisa merusak kulit di sekitar kuku, tetapi juga gigi.

Baca Juga: Ini Website Resmi Media Center Porprov Sulsel 2022

Orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku juga cenderung lebih sering mengalami pilek atau beberapa penyakit lain, karena mereka terpapar oleh kuman dari jari-jari mereka.

Bila kebiasaan ini dipicu oleh stres, coba lakukan beberapa upaya yang bisa membantu mengelola stres. Olahraga atau berkonsultasi dengan tenaga profesional bisa membantu meredakannya.

2. Volume Headphone Terlalu Keras
Paparan suara yang terlalu keras dari headphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan telinga. Pengaturan volume headphone sebaiknya tak melebihi 75 desibel atau setara dengan suara vacuum cleaner.

Baca Juga: Tips Sehat, Hindari Lima Hal Ini Setelah Makan

Sebagai perbandingan, percakapan normal umumnya mengeluarkan suara sebesar 60 desibel. Pastikan juga untuk tidak menggunakan headphone lebih dari dua jam dalam satu waktu.

Orang yang terbiasa mendengar suara keras atau bising memiliki kemungkinan lebih besar untuk kehilangan indra pendengaran di saat lanjut usia. Kehilangan indra pendengaran di usia lanjut kerap berkaitan dengan masalah berpikir dan kehilangan jaringan otak.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khasiat Daun Jeruk Purut, Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:49 WIB

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB
X