Waspada, Makan Diluar Rumah Bisa Jadi Penularan Cacar Monyet? Simak Faktanya

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 08:04 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. (Foto: PMJ News/Ilustrasi) (Beritabulukumba.com)
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. (Foto: PMJ News/Ilustrasi) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Beberapa laporan kasus menunjukkan bahwa penularan cacar monyet tanpa melalui kontak seksual mungkin tidak selangka anggapan sebelumnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menyebut sekitar 94 kasus cacar monyet terjadi pada pria yang berhubungan seksual dengan sesama pria.

Dalam hal ini memicu munculnya pertanyaan mengenai tingkat risiko penularan cacar monyet. Dalam aktivitas sehari-hari, faktor tempat sebenarnya tak begitu berperan besar dalam memengaruhi risiko penularan cacar monyet.

Baca Juga: Fakta Pembunuhan Brigadir J

Menurut ahli epidemiologi dan spesialis penyakit menular Weill Cornell Medicine, dr Jay Varma, faktor yang lebih mempengaruhi risiko penularan cacar monyet adalah dengan siapa seseorang beraktivitas dan apa aktivitasnya.

"Dengan siapa Anda menghabiskan waktu dan apa yang Anda lakukan dengan orang tersebut, dibandingkan dimana Anda berada," ungkap dr Varma seperti dilansir Insider, Kamis (25/8/2022).

Dr Varma bersama enam pakar lainnya juga mengestimasi risiko penularan cacar monyet dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah estimasi risiko penularan tersebut:

Baca Juga: Dahsyat, Ternyata Ini Lima Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Loh?

1. Makan di luar rumah (risiko: sangat rendah)
Cacar monyet memang bisa ditularkan melalui droplet pernapasan. Meski begitu, kemungkinan tertular cacar monyet saat sedang makan di restoran sangatlah kecil.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB

Tips Kesehatan Mental

Rabu, 28 Desember 2022 | 22:58 WIB

Ini Manfaat Berlibur ke Pantai Bagi Kesehatan

Minggu, 11 Desember 2022 | 22:47 WIB
X