Bahaya, Masalah Gusi? Segera Obati Sebelum Parah

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:54 WIB
Gangguan kesehatan mulut seperti sakit gigi dan gusi sebaiknya tidak diabaikan, segera diperiksakan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com)
Gangguan kesehatan mulut seperti sakit gigi dan gusi sebaiknya tidak diabaikan, segera diperiksakan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Radang gusi mengakibatkan gusi bengkak, lembek dan berdarah yang jika dibiarkan akan membuat selaput periodontal yang mengangga gigi keropos dan lalu gigi menjadi patah.

Tak sedikit orang yang menyepelekan masalah yang terjadi pada gusi. Bahkan tidak jarang, masalah ini juga hanya dianggap akibat tidak rutin membersihkan gigi.

Padahal, kondisi itu bisa menjadi pertanda sesuatu masalah yang lebih serius. Penyakit gusi adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan pendarahan dari mulut dan gusi bengkak.

Baca Juga: Keren! MI Maroanging Desa Jojjolo Raih Juara Gema Pramuka

Penyakit ini pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya gigi jika tidak ditangani dengan cukup cepat.

Kabar baiknya, itu adalah kondisi yang dapat dicegah dan dapat diperbaiki pada tahap awal.

Akan tetapi, masalah gusi tidak hanya disebabkan oleh kebersihan mulut. Situs www.diabetes.co.uk menyatakan bahwa pengidap diabetes lebih mungkin mengalami penyakit gusi jika mereka memiliki kadar gula darah yang buruk untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Miris, Pelatih Taekwondo Cabuli Muridnya di Bawah Umur

Situs kesehatan tersebut menjelaskan tingkat gula darah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, jantung, ginjal, mata, dan kaki. Dengan cara yang sama, gusi juga bisa terpengaruh.

"Karena kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, ini mengurangi suplai oksigen dan nutrisi ke gusi, membuat infeksi pada gusi dan tulang lebih mungkin terjadi," tulis laporannya seperti dikutip dari Express.co.uk, Senin (15/8/2022).

Penderita disarankan untuk menjalani pemeriksaan menyeluruh ke dokter gigi. Gejala umum penyakit gusi, di antaranya:

Baca Juga: Bahaya! Penyebab Sakit Telinga Karena Gunakan Handphone Terlalu Lama

- Pendarahan di mulut saat membersihkan atau makan
- Gusi bengkak dan merah
- Bau mulut yang terus-menerus
- Gusi menyusut (surut)
- Kesenjangan muncul di antara gigi dan gigi bergerak terpisah
- Gigi goyang
- Adanya nanah di sekitar garis gusi (abses).

Laman yang sama juga mengingatkan bahwa menjaga kadar glukosa darah dengan "kontrol yang baik" akan membantu mencegah penyakit gusi semakin parah. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu:

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khasiat Daun Jeruk Purut, Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:49 WIB

Catat! Malas Olahraga Turunkan Daya Ingat

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:38 WIB
X