• Kamis, 11 Agustus 2022

Mengapa Seseorang Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya

- Minggu, 17 Juli 2022 | 00:29 WIB
Pagi hari menjadi awal dari sebuah rutinitas dan masing-masing orang punya cara berbeda untuk mengawali harinya (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com).
Pagi hari menjadi awal dari sebuah rutinitas dan masing-masing orang punya cara berbeda untuk mengawali harinya (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com).

BERITABULUKUMBA.COM - Tentu ada banyak hal yang dilakukan orang usai bangun tidur. Ada yang langsung pergi ke kamar kecil, mengecek ponsel atau bahkan hanya mematikan alarm dan pergi tidur kembali.

Mengenai bangun tidur, baik disadari atau tidak, kebiasaan yang kamu lakukan di pagi hari sebetulnya sangat mempengaruhi suasana hati sepanjang hari yang secara otomatis akan mempengaruhi aktivitas.

Dimana, tidur merupakan salah satu cara terbaik agar tubuh kita beristirahat dan memulihkan tenaga. Namun, terkadang saat bangun pagi badan masih terasa lelah meskipun sudah tidur selama 8 jam.

Baca Juga: Ini Tujuh Makna Logo HUT Kemerdekaan RI ke-77 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'

Sebagaimana dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJ News pada, Sabtu (16/7/2022), beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut menurut para ahli kesehatan.

1. Sleep Inertia
Ini merupakan gangguan kognitif dan motorik yang membuat kita merasa belum sepenuhnya siap untuk terbangun. Itu sebabnya Anda mungkin merasa sedikit sempoyongan atau bingung setelah bangun dari tempat tidur.

Profesor ilmu makanan dan nutrisi di Michigan State University, Robin M Tucker mengungkap penelitian telah menunjukkan aliran darah di otak lebih lambat hingga 30 menit setelah bangun tidur dibandingkan sebelum tidur.

Baca Juga: Sebelum Proyek Dikerja, PUTR Sosialisasikan ke Masyarakat Unit Tipikor Jadi Narasumber

Sensasi mengantuk berlangsung dari 15 menit hingga satu jam bagi kebanyakan orang, tetapi orang lain dapat mengalaminya selama beberapa jam.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspadai Gangguan Mata Jelang Usia 40 Tahunan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:46 WIB

Tahukah Kamu? Ini Empat Mitos Salah Soal Cokelat

Senin, 1 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Kupas Tuntas Vitamin C Tak Baik Bagi Kesehatan?

Sabtu, 16 Juli 2022 | 23:09 WIB
X