• Senin, 4 Juli 2022

Jangan Sepelekan, Penyakit Kronis Ditandai Dengan Gangguan Kesehatan Mulut

- Senin, 6 Juni 2022 | 23:40 WIB
Gangguan kesehatan mulut seperti sakit gigi dan gusi sebaiknya tidak diabaikan, segera diperiksakan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com).
Gangguan kesehatan mulut seperti sakit gigi dan gusi sebaiknya tidak diabaikan, segera diperiksakan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com).

BERITABULUKUMBA.COM - Masalah kesehatan mulut, termasuk sakit pada gigi dan, gusi sebaiknya tidak diabaikan. Terkadang, gangguan kesehatan tersebut bisa menjadi peringatan mengenai kondisi di bagian tubuh lain. Itu sebabnya memantau kesehatan gigi dianggap sangat penting.

Gangguan kesehatan mulut seperti sakit gigi dan gusi sebaiknya tidak diabaikan. Terkadang, hal tersebut bisa menjadi peringatan masalah kesehatan di bagian tubuh lain.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJ News melansir oleh Mirror, Senin (6/6/2022), berikut sembilan tanda bahaya atau peringatan saat Anda mengalami masalah kesehatan mulut yang patut menjadi perhatian.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ternyata Lima Camilan Sehat Ini Rendah Kolesterol dan Bisa Dibuat Sendiri

1. Gusi Sakit Bisa Jadi Penanda Diabetes
Dokter gigi dari Bupa Dental Care, Neil Sikka, menyebutkan sudah banyak bukti penelitian bahwa pengidap diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi.

"Dokter gigi tidak hanya mencari masalah yang dapat dilihat secara fisik, mereka juga dilatih untuk mengidentifikasi bau yang berasal dari gigi dan gusi. Aroma buah pir sering mengindikasikan diabetes yang tak terkontrol," ujar Sikka.

2. Plak Berlebih Bisa Jadi Penanda Ganggian Paru Paru
Jika mulut mengandung banyak plak, bakterinya berpotensi menyebar ke paru-paru. Kondisi demikian menyebabkan infeksi atau memperburuk kondisi yang ada seperti emfisema dan penyakit paru obstruktif kronik. Sikka menganjurkan pasien yang merasa di mulutnya ada banyak plak untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Semakin Terpercaya, BRI Masuk Top 50 Emiten and Best Financial Sector

3. Bercak Putih di Lidah Bisa Jadi Penanda Awal Kanker
Bercak putih atau bintik-bintik di lidah bisa mengindikasikan infeksi jamur, seperti sariawan. Kondisi itu tidak berbahaya dan dapat dengan mudah diobati dengan gel mulut dari apotek.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Menghapus Dosa, Lakukan Amalan Ini

Minggu, 3 Juli 2022 | 03:10 WIB

Tips Langsing Alami

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:57 WIB

Polusi Udara Bisa Pengaruhi Kesehatan Otak?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:24 WIB

Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat?

Jumat, 24 Juni 2022 | 07:45 WIB
X