• Senin, 4 Juli 2022

Bahaya! Penyebab Sakit Telinga Karena Gunakan Handphone Terlalu Lama

- Minggu, 5 Juni 2022 | 14:29 WIB
Penelitian baru menemukan efek buruk dari penggunaan headphone terlalu lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi). (Beritabulukumba.com).
Penelitian baru menemukan efek buruk dari penggunaan headphone terlalu lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi). (Beritabulukumba.com).

BERITABULUKUMBA.COM - Sebuah studi yang melibatkan 2.000 orang dewasa menemukan bahwa 43 persen pengguna headphone dengan durasi lama mengalami sakit telinga.

Bahkan 23 persen di antaranya mengalami kondisi ini beberapa kali dalam sepekan.

Kemudian, 36 persen lainnya mengalami peningkatan kotoran telinga. Sekitar enam dari 10 (59 persen) telah mencoba menghilangkan kotoran telinga mereka, meskipun 73 persen beralih ke cotton buds yang malah memperburuk masalah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Saksikan Balap Formula E di E-Prix Circuit Ancol Jakarta

Studi ini menandai peluncuran Laporan Hindsight Specsavers "An ear in review", yang mengeksplorasi kotoran telinga dan dampaknya pada pendengaran. Studi dilatarbelakangi meningkatnya pencarian di Google tentang membersihkan kotoran telinga.

Tidak tanggung-tanggung peningkatannya mencapai 317 persen. Ada peningkatan 257 persen pada orang yang bertanya mengapa telinga mereka tersumbat.

Kepala audiolog, Gordon Harrison mengatakan, penelitian ini menyoroti bagaimana ketergantungan karyawan yang WFH pada headphone.

Baca Juga: Kenali Enam Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

Salah satu dampak paling umum adalah menumpuknya kotoran telinga yang bisa menyebabkan masalah seperti gangguan pendengaran, ketidaknyamanan, serta infeksi, dan bahkan gendang telinga berlubang.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Menghapus Dosa, Lakukan Amalan Ini

Minggu, 3 Juli 2022 | 03:10 WIB

Tips Langsing Alami

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:57 WIB

Polusi Udara Bisa Pengaruhi Kesehatan Otak?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:24 WIB

Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat?

Jumat, 24 Juni 2022 | 07:45 WIB
X