• Selasa, 5 Juli 2022

Mau Tahu? Ini Tujuh Kebiasaan Mampu Mengurangi Resiko Alzheimer

- Minggu, 29 Mei 2022 | 08:27 WIB
Tujuh kebiasaan setiap hari dapat memangkas hingga sepertiga risiko Alzheimer. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com).
Tujuh kebiasaan setiap hari dapat memangkas hingga sepertiga risiko Alzheimer. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi) (Beritabulukumba.com).

BERITABULUKUMBA.COM - Penyakit Alzheimer adalah bentuk progresif dari demensia. Demensia adalah istilah yang lebih luas untuk kondisi yang secara negatif mempengaruhi memori, pemikiran, dan perilaku.

Sebuah studi baru mengungkap tujuh kebiasaan dapat mengurangi resiko alzheimer atau demensia. Bahkan kebiasaan-kebiasaan tersebut menururunkan hingga setengahnya.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJNews. Kebiasaan yang disebut para ahli sebagai 'Life's Simple 7' ini di antaranya bergerak aktif, makan lebih baik, menurunkan berat badan, menjaga tekanan darah normal, mengontrol kadar kolesterol dan mengurangi gula darah.

Baca Juga: Kenali Enam Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

"Kebiasaan sehat dalam Life's Simple 7 ini telah dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah secara keseluruhan," kata penulis utama Profesor Adrienne Tin dari University of Mississippi seperti dilansir di Studyfinds.org, Sabtu (28/5/2022).

Namun tidak pasti apakah hal yang sama berlaku untuk orang dengan risiko genetik tinggi.

"Kabar baiknya adalah untuk orang yang memiliki risiko genetik tertinggi, menjalani gaya hidup sehat yang sama, cenderung memiliki risiko demensia lebih rendah," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Inspratif dari Izam, Pegawai BRI yang Raih Medali di SEA Games Vietnam 2021

Tim peneliti memantau 11.561 orang tua selama 30 tahun, termasuk 8.823 keturunan Eropa dan 2.738 keturunan Afrika.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Menghapus Dosa, Lakukan Amalan Ini

Minggu, 3 Juli 2022 | 03:10 WIB

Tips Langsing Alami

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:57 WIB

Polusi Udara Bisa Pengaruhi Kesehatan Otak?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:24 WIB

Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat?

Jumat, 24 Juni 2022 | 07:45 WIB
X