• Kamis, 7 Juli 2022

Baru Tahu, Ada Lima Cara Mudah Redakan Batuk Secara Cepat

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:54 WIB
Batuk dapat disembuhkan dengan beberapa cara. (Dok. Ilustrasi) (Beritabulukumba.com).
Batuk dapat disembuhkan dengan beberapa cara. (Dok. Ilustrasi) (Beritabulukumba.com).

BERITABULUKUMBA.COM - Batuk tentunya bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Secara umum, kondisi ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman Prevention, Selasa (17/5/2022), profesor madya di Rush University Medical Center, Michael Hanak menyarankan lima cara berikut untuk meredakan batuk hanya dalam lima menit.

1. Kumur Air Garam
Cara cepat dan sederhana untuk meringankan batuk dengan berkumur air garam. Studi pada 2019 membuktikan kebiasaan itu dapat membantu mengurangi durasi batuk. Kumur air garam juga membunuh bakteri, menekan jumlah lendir, dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Kenali Enam Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

2. Minum Teh Jahe
Teh jahe terkenal manjur menenangkan gangguan perut, tapi juga bisa bekerja meredakan batuk. Jahe telah terbukti membantu mengurangi batuk dan sakit tenggorokan karena mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan.

3. Tambahkan Madu ke Minuman
Madu sangat membantu dalam meredakan batuk, baik dengan konsumsi langsung maupun dicampurkan dalam secangkir teh atau segelas air hangat. Khasiat lain dari madu yakni dapat mengurangi rasa sakit dan membantu melawan infeksi virus.

4. Mandi Air Panas
Mandi air panas dapat meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, dan tekanan sinus. Itu berkat kelembapan dari uap air panas, yang bagus untuk membuka sinus dan mengurangi lendir. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasang humidifier.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Ternyata Ini Empat Manfaat Sehat Teh Madu Bagi Kesehatan

5. Berhenti Merokok
Batuk yang disebabkan kebiasaan merokok bisa progresif, tergantung pada seberapa banyak dan seberapa lama seseorang merokok. Berhenti merokok akan meminimalisasi paparan bahan kimia dan iritasi yang berbahaya bagi paru-paru dan mengurangi peradangan. ***

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Menghapus Dosa, Lakukan Amalan Ini

Minggu, 3 Juli 2022 | 03:10 WIB

Tips Langsing Alami

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:57 WIB

Polusi Udara Bisa Pengaruhi Kesehatan Otak?

Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:24 WIB

Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat?

Jumat, 24 Juni 2022 | 07:45 WIB
X