• Minggu, 29 Mei 2022

Lestarikan Dialek Konjo, Film Pendek Komedi Sakura Official Kian Viral

- Sabtu, 16 April 2022 | 13:34 WIB
Kebersamaan para aktor Film Pendek Komedi Konjo, Kec. kajang. (Foto: Sakura Official) (Penulis: Lenny) (Beritabulukumba.com)
Kebersamaan para aktor Film Pendek Komedi Konjo, Kec. kajang. (Foto: Sakura Official) (Penulis: Lenny) (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM - Bahasa Konjo adalah bahasa yang berasal dari bahasa tradisional Makassar dengan dialek (logat) yang berbeda. Bahasa Konjo terdiri atas tiga dialek, yaitu dialek Bira, dialek Ara, dan dialek Kajang.

Bahasa Konjo digunakan Suku Kajang yang bertempat tinggal di Desa Kajang Ammatoa tepatnya Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, tepatnya sekitar 200 km arah timur Kota Makassar.

Suku Kajang ini ialah suku yang mencintai alam, kecintaan Suku ini terhadap lingkungan dikarenakan mereka menganggap hutan selayaknya ibu sendiri, karena ibu adalah sosok yang dihormati dan dilindungi.

Baca Juga: Suatu Senja di Titik Nol Bulukumba, Kamu Harus Rasakan!

Olehnya itu, beberapa penduduk sekitar Suku Kajang masih tetap menjunjung tinggi adat istiadat sendiri. Terkhusus bahasa daerah Konjo yang kian menjadi bahasa keseharian masyarakat di daerah tersebut.

Dengan perkembangan zaman, Bahasa Konjo Ammatoa Kajang tentu akan dilestarikan agar tidak punah dan tetap diterima diberbagai daerah.

Untuk melestarikan Bahasa Konjo ini tentunya masyarakat punya cara tersendiri.

Baca Juga: Pandemi, Lenni Lesviani Bangun Bisnis Olshop di Desa

Sosial media menjadi salah satu lonjakan memperkenalkan citra daerah sendiri dimata masyarakat.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Afgan Rilis SIngle 'So Wrong But So Right'

Sabtu, 28 Mei 2022 | 07:59 WIB
X