• Rabu, 17 Agustus 2022

Program Pendampingam BRI Bawa Usaha Topeng Kayu Tembus Pasar Ekspor

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:34 WIB
Beri Pendampingan, BRI Bawa Usaha Topeng Kayu Tembus Pasar Ekspor (Beritabulukumba.com)
Beri Pendampingan, BRI Bawa Usaha Topeng Kayu Tembus Pasar Ekspor (Beritabulukumba.com)

BERITABULUKUMBA.COM – Semangat membawa warisan budaya lokal untuk mendunia menjadi pemicu bagi Aditya Pramana untuk terus berkarya. Pria asli Gunungkidul, Yogyakarta, itu terus merawat kelestarian warisan budaya melalui usaha Topeng Kayu Bobung.

Di balik keindahan alam dan keasrian Sambipitu, sebuah wilayah di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Aditya pun tergerak memberdayakan produk budaya Topeng Kayu Bobung.  Ia sudah menjalankan usaha pembuatan Topeng Kayu Sambipitu sejak 3 tahun lalu.

Awalnya, Aditya mengelola usaha ini dengan modal sendiri dan skala kecil.  Dimulai dari penjualan secara lokal, kemudian Aditya memasarkan Topeng Kayu Bobung ke hotel dan rumah makan, serta aktif mengikuti beragam pameran.

Baca Juga: Berkat Dukungan Bank BRI, Usaha Dawet Kemayu Bangkit dari Keterpurukan

Nama Aditya dan Topeng Kayu Bobung buatannya pun semakin dikenal hingga ke pasar Amerika sampai China. Hal tersebut membuat Aditya terus berkeinginan membawa usahanya untuk terus “naik kelas”.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang konsisiten menumbuhkembangkan UMKM, hadir dengan melakukan pemberdayaan, edukasi, hingga pendampingan usaha yang dibangun Aditya.  Kantor Cabang BRI Wonosari Gunungkidul membantu Aditya mengembangkan usahanya hingga memberikan penyaluran modal usaha.

Peningkatan usaha pun semakin tampak, Aditya kini mampu merekrut 5 karyawan tetap. Saat pesanan membludak, Aditya biasanya juga menambah 5 karyawan lain untuk membantu menyelesaikan permintaan pembeli lokal mau pun mancanegara.

Baca Juga: Setelah Terbukti Andal Kelola Aset dan Keuangan, BRI Kini Perkuat Bisnis Treasury

Dalam sebulan, Aditya dapat melakukan minimal 2 kali ekspor dengan omset sekitar Rp300 juta, dengan minimal penghasilan bersih sebesar Rp30 juta per bulan. Manajemen yang baik dalam pengelolaan usaha membuat bisnis kecil Aditya kian berkembang dan kontinuitas usaha dapat terus terjaga.

Halaman:

Editor: Jabbar Bahring

Sumber: BRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X