• Kamis, 1 Desember 2022

Bappebti: Tak Semua Robot Trading Penipuan, Pemerintah Segera Terbitkan

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 07:31 WIB
Robot trading Fahrenheit. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi/PMJ News) (Beritabulukumba.com).
Robot trading Fahrenheit. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi/PMJ News) (Beritabulukumba.com).

BERITABULUKUMBA.COM - Menurut Kementerian Perdagangan (Kemendag), robot trading merupakan peranti lunak komputer yang dapat bekerja secara otomatis untuk memonitor pasar, melakukan kalkukasi peluang entry, menempatkan transaksi, dan melakukan manajemen risiko berdasarkan algoritma yang telah ditanamkan pada baris-baris programnya.

Sistem ini tak bisa berjalan sendiri. Dia dikendalikan orang di baliknya. Pengendalinya harus memiliki pengetahuan tentang operasional robot trading, dan instrumen investasi yang sesuai kebutuhan pengguna.

Seperti dikutip Beritabulukumba.com dari laman PMJNews. Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan jika tak semua robot trading adalah penipuan.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Ternyata Ini Empat Manfaat Sehat Teh Madu Bagi Kesehatan

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR dengan Bappebti pada 25 Mei 2022, PLt Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko mengatakan akan segera membuat regulasi tentang robot trading.

Dikatakannya, tidak semua robot trading digunakan untuk kejahatan, sehingga regulasi yang diciptakan harus memberikan solusi win win solution. Terkait hal ini, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Sanjaya membeberkan, aturan tentang penggunaan robot trading yang aman terus dirumuskan bersama Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti.

“Pada prinsipnya aturan ini dibuat agar penggunaan robot trading lebih mudah diawasi dan aman dalam penggunaannya di investasi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK),” kata Tirta, belum lama ini.

Baca Juga: Semakin Terpercaya, BRI Masuk Top 50 Emiten and Best Financial Sector

Menurut Tirta, terdapat tiga aspek pendekatan yang digunakan dalam pengaturan robot trading di Indonesia. Pertama, prinsip yang harus dipenuhi robot trading dalam kegiatan PBK adalah robot trading sebagai alat bantu para nasabah.

Halaman:

Editor: Lenni Lesviani

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Website Resmi e-VOA Indonesia

Jumat, 11 November 2022 | 07:05 WIB

Ternyata Pandemi Mempercepat Transformasi Digital BRI

Senin, 10 Oktober 2022 | 18:28 WIB

Transformasi BRI Pertajam Pertumbuhan Baru UMKM

Minggu, 9 Oktober 2022 | 18:34 WIB

Flexi Rasa Maxi di Jenius BTPN, Langsung dapat Hadiah

Minggu, 18 September 2022 | 12:52 WIB
X