Selain Pantai, Lokasi Menginap Jokowi di Bulukumba Terkenal dengan Pembuat Kapal Pinisi

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Kawasan Wisata Bira pada Kamis, 4 Juli 2024.

Jokowi bersama rombongan akan menginap di salah satu resort di kawasan Bira, Bulukumba, sebelum melanjutkan kunjungan kerja ke sejumlah tempat.

Seperti RSUD Sultan Daeng Radja dan Pasar Rakyat Cekkeng di Ujungbulu.

Selain menikmati keindahan Tanjung Bira, Presiden Jokowi juga akan melewati lokasi pembuatan Kapal Pinisi di Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba.

Kapal Pinisi sendiri adalah salah satu warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO.

Seni pembuatan kapal pinisi dari Sulawesi Selatan terpilih sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 7 Desember 2017 di Paris, Prancis.

Kapal Pinisi merupakan simbol seni berlayar yang tak ternilai di wilayah kepulauan.

Pembuatan Kapal Pinisi masih dapat ditemui di beberapa wilayah Sulawesi Selatan, yaitu di Tana Beru, Ara dan Bira, di Kabupaten Bulukumba.

Advertisement

Teknik pembuatan Kapal Pinisi sangat memperhatikan ketelitian dari sisi teknik dan navigasi.

Kapal ini dikenal sebagai salah satu kapal yang telah ada sejak tahun 1500-an dan banyak digunakan oleh para pelaut Bugis, Konjo, dan Mandar di Sulawesi Selatan. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar