Apa Itu Open Network di Proyek Kripto Pi Network, Bedakah dengan Open Mainnet?

Jakarta, Beritabulukumba.com – Pi Network adalah proyek kripto yang telah menarik perhatian banyak pengguna di seluruh dunia.

Pada awal pengembangan fase mainnet, Core Team Pi Network memperkenalkan dua konsep utama, enclosed mainnet dan open mainnet.

Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya, dan bagaimana konsep open network berperan dalam proyek ini.

Enclosed mainnet adalah fase awal mainnet yang dimulai pada Desember 2021.

Advertisement

Pada periode ini, mainnet Pi Network sudah aktif namun dilindungi oleh firewall yang mencegah konektivitas eksternal yang tidak diinginkan.

Selama fase ini, para pengguna (disebut Pioneers) memiliki waktu untuk menyelesaikan proses KYC (Know Your Customer) dan memigrasikan Pi mereka ke blockchain mainnet yang sudah live.

Pi yang telah dimigrasikan dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa di aplikasi Pi, mentransfer ke pengguna lain, atau di-lock up untuk mendapatkan tingkat penambangan yang lebih tinggi.

Namun, selama periode ini, tidak ada konektivitas antara blockchain Pi dengan blockchain lainnya.

Advertisement

Pendekatan dua periode menuju mainnet penuh memiliki berbagai keuntungan.

Pendekatan ini memberikan waktu bagi jutaan Pioneers di seluruh dunia untuk menyelesaikan KYC, membangun dan meluncurkan lebih banyak aplikasi Pi, serta mengalihkan aplikasi Pi dari Testnet ke Mainnet.

Selain itu, pendekatan ini memungkinkan penyesuaian dan modifikasi pada mainnet dan ekosistem sebelum open network diluncurkan.

Enclosed mainnet memberi waktu bagi jutaan Pioneers untuk menyelesaikan KYC dan mentransfer Pi mereka ke mainnet.

Advertisement

Jika langsung beralih dari Testnet ke Open Network, Pioneers yang telah menyelesaikan KYC akan dapat menggunakan Pi mereka di luar platform Pi sementara Pioneers yang belum menyelesaikan KYC tidak akan memiliki privilese ini.

Kecepatan penyelesaian KYC oleh Pioneers bergantung pada kecepatan komunitas lokal menyediakan tenaga kerja validator KYC serta partisipasi individu Pioneers dalam proses KYC.

Selain itu, periode enclosed network membantu komunitas fokus pada penciptaan utilitas dan memperkuat ekosistem tanpa gangguan eksternal.

Sesuai dengan visi Pi Network untuk membangun ekosistem berbasis utilitas, ini memungkinkan aplikasi-aplikasi untuk diluncurkan di mainnet dan menciptakan utilitas bagi para Pioneers.

Advertisement

Pada saat ini, Pioneers yang telah menyelesaikan KYC dapat menggunakan Pi mereka di aplikasi Pi, mempercepat penciptaan utilitas dan memperkuat ekosistem Pi sebelum open network diluncurkan.

Pendekatan bertahap menuju open network membantu aplikasi dan Pi Network mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin muncul dalam pasar dan teknologi.

Dengan enclosed network, mainnet dapat berjalan dengan data produksi dan Pi yang sebenarnya, berbeda dengan Testnet.

Data yang dikumpulkan selama enclosed network akan membantu mengkalibrasi dan menyesuaikan konfigurasi dan formula, jika diperlukan, untuk memastikan stabilitas dan keberhasilan open network.

Open mainnet disebut juga open network, adalah fase di mana firewall dihapus, memungkinkan konektivitas eksternal penuh, seperti ke jaringan lain, dompet, dan siapa pun yang ingin terhubung ke blockchain mainnet Pi.

Panggilan API tidak akan lagi dihalangi, dan Pioneers dapat menjalankan node mainnet Pi dan layanan API mereka sendiri.

Rencananya, open mainnet atau open network akan dirilis pada akhir tahun 2024 jika syarat-syarat seperti jumlah KYC yang tercapai dan migrasi wallet terpenuhi.

Dengan demikian, Pi Network akan dapat berfungsi sepenuhnya dengan konektivitas eksternal, membuka potensi penuh dari ekosistem kripto yang sedang berkembang ini. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar