Mengenal Apa Itu Pembayaran Pi Network, Pengguna Sudah Capai 55 Juta

Jakarta, Beritabulukumba.com – Salah satu fitur andalan dari Pi Network adalah Pi Payment atau Pembayaran Pi.

Merupakan lapisan di atas transaksi blockchain yang memungkinkan aplikasi, blockchain Pi, dan server-server Pi untuk disinkronkan.

Ketika seorang Pionir mengirimkan transaksi blockchain untuk membayar sesuatu dalam aplikasi.

Pembayaran ini menyederhanakan aspek teknis yang terlibat dalam interaksi dengan blockchain Pi dan memberikan kepercayaan penuh kepada pengembang aplikasi bahwa Pionir benar-benar telah melakukan transaksi tersebut.

Advertisement

Setelah pembayaran dibuat, pembayaran tersebut akan melalui tiga fase utama.

1. Pembuatan Pembayaran dan Persetujuan dari Sisi Server

Pada fase ini, pengembang aplikasi membuat permintaan pembayaran melalui API pembayaran Pi.

API ini dirancang untuk memastikan bahwa semua rincian yang diperlukan untuk transaksi tersedia dan valid.

Setelah permintaan pembayaran dikirim, server Pi akan memverifikasi informasi ini dan menyetujui atau menolak permintaan tersebut.

Persetujuan dari sisi server ini penting untuk memastikan bahwa transaksi yang akan dilakukan benar-benar sah dan dapat diproses oleh blockchain Pi.

Selama fase ini, sistem akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti verifikasi identitas Pionir, ketersediaan dana yang cukup dalam akun Pionir, dan validitas transaksi yang diajukan. Setelah semua pemeriksaan ini berhasil dilalui, server akan memberikan persetujuan untuk melanjutkan ke fase berikutnya.

2. Interaksi Pionir dan Transaksi Blockchain

Setelah permintaan pembayaran disetujui oleh server, Pionir akan diberitahu bahwa mereka perlu menyelesaikan transaksi.

Pada tahap ini, Pionir akan melakukan interaksi dengan aplikasi untuk mengonfirmasi dan menyetujui transaksi blockchain.

Advertisement

Interaksi ini biasanya melibatkan beberapa langkah, termasuk login ke akun Pi, memeriksa detail transaksi, dan memberikan persetujuan akhir.

Setelah Pionir menyetujui transaksi, blockchain Pi akan mencatat transaksi tersebut.

Ini berarti bahwa dana akan dipindahkan dari akun Pionir ke akun penerima sesuai dengan detail transaksi yang telah disetujui.

Proses ini tidak hanya melibatkan perubahan dalam saldo akun tetapi juga mencatat semua detail transaksi dalam blockchain, yang memastikan transparansi dan keamanan.

Advertisement

3. Penyelesaian dari Sisi Server

Fase terakhir adalah penyelesaian dari sisi server. Setelah transaksi blockchain berhasil dicatat, server Pi akan mengonfirmasi bahwa transaksi telah selesai.

Konfirmasi ini penting untuk memastikan bahwa semua pihak yang terlibat mengetahui bahwa pembayaran telah diselesaikan dengan sukses.

Pada tahap ini, server juga akan memperbarui status pembayaran dalam sistem aplikasi, memberikan notifikasi kepada pengembang aplikasi dan Pionir bahwa transaksi telah berhasil.

Penyelesaian dari sisi server memastikan bahwa seluruh proses pembayaran tercatat dengan benar dan bahwa tidak ada konflik atau ketidakcocokan dalam data transaksi.

Advertisement

Keuntungan Pembayaran Pi

1. Keamanan dan Kepercayaan
Pembayaran Pi memastikan bahwa semua transaksi diverifikasi dan disetujui melalui beberapa langkah keamanan, sehingga memberikan kepercayaan kepada pengembang aplikasi dan Pionir.

2. Kemudahan Integrasi
Dengan abstraksi teknis yang disediakan oleh API pembayaran Pi, pengembang aplikasi tidak perlu memahami semua detail teknis dari transaksi blockchain, sehingga integrasi menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Transparansi
Semua transaksi dicatat dalam blockchain Pi, yang memastikan bahwa semua detail transaksi transparan dan dapat diaudit kapan saja.

4. Efisiensi
Dengan sinkronisasi antara aplikasi, blockchain Pi, dan server Pi, proses pembayaran menjadi lebih efisien dan cepat, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar