Harga Pi Network Hari Ini Tembus 41 USD, Bitcoin di Angka Rp1 Miliar

Jakarta, Beritabulukumba.com – Harga cryptocurrency Pi Network mengalami lonjakan signifikan, mencapai angka 41 USD per koin.

Meskipun harga Pi Network mengalami kenaikan yang drastis, perlu dicatat bahwa harga ini merupakan harga IOU (I Owe You), yang berarti bahwa koin Pi Network masih belum diperdagangkan secara resmi di bursa.

IOU adalah bentuk kesepakatan yang mencerminkan nilai potensial koin tersebut di masa mendatang ketika perdagangan resmi dimulai.

Informasi dari Coin Market Cap mengungkapkan bahwa suplai total Pi Network saat ini mencapai 68 juta PI, dengan suplai maksimum yang ditetapkan pada 100 miliar PI.

Advertisement

Kapitalisasi pasar terdilusi penuh dari Pi Network mencapai 4,12 triliun USD.

Berdasarkan data dari Coin Market Cap, cryptocurrency pertama dan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar Bitcoin terus menunjukkan dominasinya di pasar dengan harga yang kini berada di 1,070 miliar rupiah per koin.

Bitcoin telah menjadi tolok ukur utama dalam industri cryptocurrency sejak diluncurkan lebih dari satu dekade lalu.

Pi Network

Pi Network adalah proyek cryptocurrency yang diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2019 oleh sekelompok lulusan Stanford University, yakni Dr. Nicolas Kokkalis, Dr. Chengdiao Fan, dan Vincent McPhillip.

Advertisement

Proyek ini bertujuan untuk membuat penambangan cryptocurrency lebih mudah diakses oleh masyarakat umum melalui perangkat seluler.

Pi Network menggunakan mekanisme konsensus yang disebut “Stellar Consensus Protocol” untuk memungkinkan penambangan koin melalui aplikasi ponsel pintar, yang membuatnya berbeda dari metode penambangan tradisional yang memerlukan peralatan khusus dan konsumsi energi tinggi.

Sejak diluncurkan, Pi Network telah menarik perhatian banyak pengguna di seluruh dunia karena model penambangan yang ramah pengguna dan komunitas yang terus berkembang.

Namun, hingga saat ini, Pi Network masih dalam tahap pengembangan dan belum diperdagangkan secara resmi di bursa cryptocurrency.

Advertisement

Bitcoin

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama di dunia yang diperkenalkan pada tahun 2008 oleh individu atau kelompok dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Whitepaper yang berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System” memperkenalkan konsep mata uang digital yang terdesentralisasi tanpa perlu melalui perantara seperti bank atau lembaga keuangan.

Bitcoin resmi diluncurkan pada 3 Januari 2009 ketika blok pertama, yang dikenal sebagai blok genesis, ditambang.

Sejak itu, Bitcoin telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa baik dari segi nilai maupun adopsi.

Bitcoin beroperasi pada teknologi blockchain, yang merupakan buku besar digital terdistribusi yang mencatat semua transaksi secara transparan dan aman.

Selama perjalanannya, Bitcoin telah menghadapi berbagai tantangan termasuk regulasi, keamanan, dan volatilitas pasar.

Namun, dengan semakin meningkatnya penerimaan dari institusi keuangan dan investor besar, Bitcoin terus menjadi pemimpin pasar dalam dunia cryptocurrency.

Dengan nilai yang terus meningkat dan pengaruhnya yang besar, Bitcoin telah menginspirasi lahirnya ribuan cryptocurrency lain dan telah membawa perubahan signifikan dalam sistem keuangan global. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar