Memahami Utilitas Tingkat Platform di Pi Network, Difokuskan Jelang Open Mainnet

Jakarta, Beritabulukumba.com – Pi Network menyatakan komitmen yang mendalam untuk menciptakan utilitas praktis dalam ekosistemnya.

Jika terpenuhi maka open network atau open mainnet akan segera meluncur tahun 2024.

Jaringan ini memelopori perluasan akses universal terhadap mata uang kripto dengan penemuan penambangan seluler yang sederhana, namun kuat, dan tidak konvensional.

Yang terjadi selanjutnya adalah komunitas yang berkembang dengan lebih dari 47 juta anggota yang terlibat. Selain aksesibilitas, utilitas juga merupakan tujuan utama jaringan.

Advertisement

Aksesibilitas menjawab pertanyaan, “Bagaimana orang-orang di seluruh dunia, terlepas dari kondisi ekonomi dan hambatan pengetahuan mereka, dapat mengakses revolusi mata uang kripto dengan benar-benar memilikinya?”

Utilitas menjawab pertanyaan, “Bagaimana cryptocurrency benar-benar dapat membuat perubahan positif dalam kehidupan masyarakat sehari-hari?” Atau “Apa kegunaan mata uang kripto selain untuk tujuan perdagangan dan keuangan?”

Jaringan telah menciptakan beberapa bentuk utilitas.

“Anda mungkin familiar dengan aplikasi Fireside Forum yang menggunakan Pi untuk pembuatan konten, kurasi, dan moderasi yang terdesentralisasi; fitur Staked DM di aplikasi Obrolan yang menggunakan Pi untuk koneksi peer-to-peer,” tulis Pi dalam blog resminya.

Advertisement

Kemudian aplikasi dompet yang digunakan untuk pembayaran langsung Pi untuk barang dan jasa secara lokal.

Dan aplikasi KYC yang menggunakan Pi untuk melakukan crowdsourcing pekerjaan validasi penting di komunitas; atau dengan banyak aplikasi yang dibuat oleh pengembang komunitas Pi dengan kasus penggunaan yang menarik untuk mata uang kripto Pi (lihat, misalnya, pengumuman Hackathon kami sebelumnya seperti 1 dan 2 ).

“Aplikasi memperkaya kehidupan kita dalam banyak hal dan menciptakan beragam utilitas untuk jaringan melalui integrasi inovatif mata uang kripto Pi”  tandas Pi.

Apa itu Utilitas Tingkat Platform?
Namun, aplikasi bukan satu-satunya sumber penciptaan utilitas. Ada ruang besar untuk menciptakan utilitas pada tingkat platform Pi juga.

Advertisement

Cakupan ini bergantung pada beberapa sumber daya kolektif unik dari jaringan mata uang kripto ini.

Tidak terbatas pada ukuran dan keterlibatan komunitas Pi, Perhatian kita bersama,Identitas digital kami yang terverifikasi dan Jaringan node komputer terdistribusi kami yang besar.

Pada titik waktu tertentu, akan ada satu orang atau orang lain yang terlibat dalam satu aktivitas atau lainnya di platform. Keberagaman aktivitas ini berpotensi menciptakan beragam utilitas untuk mata uang kripto Pi.

Namun, jika kita memperhitungkan sumber daya kolektif kita (yaitu, kehadiran dan aktivitas kita secara keseluruhan), bagaimana kita dapat menerjemahkannya ke dalam utilitas Pi di seluruh jaringan yang dimiliki oleh setiap Pioneer?

Advertisement

Pertanyaan ini adalah kunci untuk penciptaan utilitas pada tingkat platform. Pada setiap sumber daya kolektif yang dimiliki komunitas Pi, dimungkinkan untuk merancang dan menciptakan kegunaan Pi.

Misalnya, mata uang kripto Pi berpotensi digunakan untuk mengakses sumber daya perhatian yang melimpah dari komunitas besar yang terlibat dalam ekosistem yang beragam, atau untuk menyambungkan layanan yang melibatkan kepemilikan atau memerlukan keaslian manusia ke dalam jaringan besar manusia yang mendukung kripto dan memiliki KYC di seluruh dunia.

Terutama akan menjadi kebutuhan umum di masa depan di mana AI tersebar luaas, atau untuk menerapkan produk perangkat lunak yang memerlukan daya komputasi yang besar dan andal pada sistem terdistribusi, dll.

Sumber daya kolektif Pi yang tercantum di atas dapat digunakan untuk menciptakan utilitas pada sebuah platform tingkat yang pada akhirnya akan menguntungkan semua Pionir, karena utilitas sejati tersebut akan berupaya memenuhi kebutuhan nyata manusia dan masyarakat serta teknologi yang terus berkembang dan akan menciptakan permintaan organik akan Pi yang dimiliki oleh setiap Pionir.

Advertisement

Utilitas Pi tingkat platform adalah apa yang telah dibayangkan, diteliti, dirancang, dan dibangun oleh Tim Inti, selain pembuatan utilitas tingkat aplikasi melalui berbagai aplikasi Tim Inti atau memungkinkan pengembang komunitas untuk membangun aplikasi.

Instansiasi Awal Utilitas Tingkat Platform di Pi

Roadmap v2 yang dirilis pada bulan Desember 2023 mencantumkan di bawah bagian Platform dan Alat Pengembang sebuah proyek siluman tentang fitur utilitas di tingkat platform, yang dilakukan oleh Tim Inti Pi, yang saat ini sedang dirancang dan diuji dalam mode siluman.

Proyek ini merupakan contoh awal yang dirancang untuk memanfaatkan beberapa sumber daya jaringan kolektif mengikuti teori dan arahan penciptaan utilitas yang dijelaskan dalam pengumuman ini.

Advertisement

Hal ini berpotensi meningkatkan kegunaan mata uang kripto Pi secara keseluruhan, serta memfasilitasi keberlanjutan Aplikasi Pi di ekosistem.

Hal itu juga menjadi salah satu syarat  kondisi utama untuk mempercepat open mainnet yang dijadwalkan tahun 2024 ini. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Writer: AlzamEditor: Lenny Lesviani

Komentar