Begini Cara Cek IMEI iPhone untuk Pastikan Ponsel Resmi atau Ilegal

Jakarta, Beritabulukumba.com – Hallo pengguna iPhone, sudah tahukah Anda mengenai pengecekan IMEI pada perangkat?.

IMEI ini ternyata sangat penting karena bisa dipakai untuk mengetahui apakah ponsel tersebut resmi atau justru ilegal.

Cara cek IMEI iPhone sebenarnya sangat mudah dan ada beberapa pilihan cara yang bisa Anda lakukan. Jadi cobalah untuk mengeceknya sekarang juga untuk mengetahui status perangkat Anda.

Ini Cara Cek IMEI iPhone untuk Pastikan Ponsel Resmi atau Ilegal
IMEI merupakan deretan angka yang terdiri dari 15 digit. IMEI ini menjadi tanda penting yang menunjukkan apakah iPhone Anda legal atau tidak.

Advertisement

Jika IMEI sudah terdaftar maka Anda bisa menggunakan iPhone secara leluasa dan tidak ada pembatasan akses. Sebaliknya, jika IMEI belum terdaftar maka sewaktu-waktu akses iPhone bisa dibatasi dan tidak dapat digunakan.

Jika ingin mengecek IMEI, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyalin nomor IMEI di iPhone. Langsung saja buka menu Pengaturan, pilih opsi Umum, kemudian masuk ke menu Tentang.

Scroll sampai bagian paling bawah dan temukan nomor IMEI di sana. Selanjutnya Anda bisa mengecek nomor IMEI tersebut dengan beberapa cara seperti ini.

1. Periksa Melalui Website Bea Cukai
Pilihan pertama adalah mengecek IMEI melalui website bea cukai. Caranya mudah, langsung saja masuk ke situs https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html.

Advertisement

Begitu masuk ke sana Anda bisa langsung memasukkan nomor IMEI di kolom yang tersedia. Kemudian masukkan saja kode verifikasi dan klik opsi Kirim. Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai status IMEI iPhone Anda.

2. Cek Lewat Situs Kementerian Perindustrian.
Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecek IMEI tadi melalui situs Kementerian Perindustrian atau Kemenperin.

Cara pengecekannya juga sama mudah seperti sebelumnya, Anda bisa langsung masuk ke alamat website imei.kemenperin.go.id. Setelah itu langsung saja masukkan nomor IMEI yang sudah Anda dapatkan dari perangkat iPhone tadi.

Selanjutnya tinggal masukkan kode verifikasi dan klik menu Kirim. Tunggu saja sampai verifikasi selesai. Jika verifikasi sudah selesai maka secara otomatis akan muncul informasi mengenai nomor IMEI dari iPhone yang Anda gunakan.

Advertisement

3. Periksa IMEI Lewat Apple ID
Ada lagi pilihan cara cek IMEI iPhone yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memakai Apple ID. Pengecekan IMEI melalui cara ini sebenarnya juga sangat mudah.

Anda bisa langsung masuk saja ke situs appleid.apple.com melalui perangkat iPhone. Selanjutnya masuklah memakai Apple ID yang Anda miliki.

Jika sudah berhasil masuk atau login, maka Anda bisa menekan simbol tanda panah ke bawah yang lokasinya tepat di sebelah opsi sign out. Langsung klik opsi device dan pilih tipe iPhone. Kemudian scroll saja sampai bawah untuk mengecek status nomor IMEI Anda.

Semudah itu untuk mengecek nomor IMEI iPhone. Jadi kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli iPhone karena pengecekan IMEI-nya sangat mudah.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan perangkat iPhone, langsung saja belanja di Blibli.

Anda bisa menemukan banyak tipe iPhone di e-commerce Blibli. Ada iPhone 12 Pro, seri iPhone 13, dan masih banyak lagi. Jangan lupa cek juga promo-promo menarik yang ditawarkan supaya bisa dapat harga yang lebih hemat.

Langsung saja dapatkan iPhone impian Anda sekarang juga melalui Blibli. Jangan lupa, terapkan cara cek IMEI iPhone yang sudah dibahas tadi untuk memeriksa legalitasnya.

Ini bisa jadi opsi untuk memastikan bahwa iPhone yang Anda beli benar-benar asli dan memang beredar secara resmi. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar