Bawaslu Bulukumba Maksimalkan Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Bulukumba Beritabulukumba.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba mengawasi secara serius dan ketat dalam proses pengadaan dan distribusi logistik pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar pada kegiatan publikasi dan dokumentasi pengawasan logistik yang berlangsung di Kantor Bawaslu Bulukumba, Sabtu (9/12/2023).

“Bawaslu Bulukumba menilai bahwa logistik pemilu sangat penting, karena pemungutan suara pada 14 Pebruari 2024 nanti tak akan bisa dilaksanakan jika tidak ada logistik pemilu. Berbagai perlengkapan pemungutan suara harus benar-benar ada sesuai ketentuan yang ada,” urainya.

Bakri menambahkan jika saat ini proses pengadaan logistik atau perlengkapan pemilu masih terus berlangsung.

Advertisement

Beberapa perlengkapan pemilu seperti kotak suara, bilik suara, tinta, kabel ties dan lain-lain sudah dicetak dan didistribusikan.

Pencetakan akan terus berjalan. Sedangkan distribusinya ke kabupaten/kota juga akan terus berjalan hingga nanti pertengahan Januari 2024.

“Menghindari kerawanan, Bawaslu Bulukumba akan terus melakukan pengawasan pengadaan dan distribusi logistik pemilu. Bawaslu Bulukumba juga melakukan pengawasan secara langsung ke perusahaan/penyedia/pemenang lelang, pengawasan langsung saat kedatangan logistik di gudang KPU Bulukumba, serta melakukan pengecekan kualitas dan standar logistik dan lain-lain”, jelasnya.

Ditempat yang sama, Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin menjelaskan jika Bawaslu Bulukumba memaksimalkan pencegahan pada tahapan ini.

Advertisement

Bawaslu Bulukumba sudah memberikan imbauan ke KPU Bulukumba untuk mematuhi segala ketentuan peraturan perundang undangan khususnya saat pelaksanaan pengadaan pendistribusian Perlengkapan Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya agar tepat jumlah, tepat jenis, bentuk, ukuran, dan spesifikasi, tepat kualitas, tepat waktu dan tepat tujuan.

Bawaslu Bulukumba pada proses distribusi logistik yang nantinya dilakukan KPU Bulukumba juga akan diawasi secara maksimal, terlebih saat ini hingga nanti Pebruari 2024.

Juga sedang musim hujan, sehingga Bawaslu Bulukumba berharap ke KPU sebagai penyelenggara teknis dapat melakukan perencanaan dan pelaksanaan pengadaan dan distribusi logistik secara baik dan sesuai dengan ketentuan. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar