Miliaran Uang Berputar di Tanjung Bira Prix Bulukumba

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kejuaraan balap motor Tanjung Bira Prix yang berlangsung di sirkuit Titik Nol Bira, Bulukumba, Sulsel, sukses menjadi roda penggerak ekonomi.

Dari data yang diterima dari penyelenggara, Tanjung Bira Prix mampu meningkatkan nilai perekonomian Kabupaten Bulukumba.

Pasalnya, Tanjung Bira Prix yang berlangsung 18-19 November 2023 itu melibatkan 387 pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Hal pendukung lainnya yakni jumlah penonton yang hadir menyaksikan Tanjung Bira Prix itu tercatat mencapai 5.871 orang dalam dua hari.

Advertisement

Jika diasumsikan setiap orang penonton yang hadir membelanjakan uang mereka ke lapak para pelaku UMKM hingga Rp150 ribu setiap hari.

Maka perputaran yang selama dua hari pelaksaaan Tanjung Bira Prix bisa mencapai hingga Rp1 miliar lebih.

Ini tentu memberikan dampak positif terhadap pelaku UMKM yang ikut ambil bagian dalam menyukseskan kejuaraan balap motor bergensi ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Ferryawan Fahmi yang dikonfirmasi terkait pelaksanaan Tanjung Bira Prix 2023 dikawasan Pantai Tanjung Bira.

Advertisement

Ia memberi apresiasi karena event ini mampu memberikan dampak positif yang dirasakan banyak pihak, khususnya kepada para pelaku UMKM.

“Tentu kita memberikan apresiasi atas pelaksanaan event ini, karena event bisa memberikan dampak positif terhadap pelaku UMKM,” ungkapnya, Selasa, 21 November 2023.

Ferryawan Fahmi mengungkapkan jika perputaran ekonomi selama pelaksanaan Tanjung Bira Prix cukup tinggi, sehingga ini juga berdampak pada Pendapat Asli Daerah (PAD) Bulukumba.

“Jumlah penonton yang hadir berdasarkan laporan panitia itu mencapai lima ribu orang. Tentu juga dampak positifnya karena menambah PAD kita,” ujarnya.

Diketahui, Tanjung Bira Prix 2023 merupakan ajang yang cukup bergensi. Selain menjadi ajang adu kecepatan, juga menjadi kesempatan untuk berwisata di Kabupaten Bulukumba.

Hal itu terlihat dengan antusias tinggi dari rider-rider top Sulawesi yang ikut ambil bagian diajang ini. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar