Maksimalkan Pelayanan Administrasi, RKDD Bontobangun Bulukumba Gelar Pelatihan e-Mandiri

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Bontobangun menggelar kegiatan Pelatihan Penggunaan Layanan e-Mandiri Sistem Informasi Desa.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Bontobangun, Kecamatan Rilau Ale, beberapa waktu lalu.

Duta Digital Bulukumba selaku Pendamping Program Desa Cerdas Kemendes PDTT, Muhammad Arif Mustafa, mengatakan, dengan kegiatan ini, rantai alur pelayanan administrasi dan persuratan bisa diperpendek melalui layanan e-mandiri ini.

“Sehingga masyarakat tak perlu meninggalkan aktivitas kesehariannya untuk mendapatkan pelayanan administrasi,” kata Arif.

Advertisement

e-Mandiri juga diharap dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan informasi dan data di desa.

Ia menargetkan, dalam memasuki tahun kedua pendampingan, harapan untuk mencapai “one home, one information” dapat tercapai.

“Artinya setiap rumah sudah memiliki setidaknya satu akun dalam rumah tersebut,” lanjut Arif.

Kepala Desa Bontobangun, Damnar, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini.

Beliau berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai dipelatihan saja, akan tetapi ada fase lanjutan yang akan di laksanakan untuk mencapai seperti yang dikatakan pak arif tadi “one home, one information”.

Pemerintah desa siap mensupport kegiatan lanjutan dari pelatihan ini.

Senada dengan yang dikatakan oleh Pak mursal yang merupakan anggota BPD bersedia mengawal dan mengusulkan kegiatan ini kedalam rancangan kegiatan desa.

Kegiatan ini diikuti oleh staff desa, kepala dusun, kader-kader desa, kelompok pemuda dan tim pengelola RKDD Desa Bontobangun.

Advertisement

Juga hadir operator SID dari 5 desa tetangga. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar