Rasakan Lima Manfaat Makan Terong Ungu, Cegah Kanker Hingga Penyakit Jantung

Jakarta, Beritabulukumba.com – Buah terong ungu adalah sayuran yang memiliki rasa yang khas, tetapi tidak semua orang menyukainya.

Teksturnya sangat cocok untuk diolah menjadi sup, semur, dan berbagai masakan olahan khas Indonesia lainnya.

Berbagai manfaat ini bisa didapatkan pada seseorang yang rutin mengonsumsi terong ungu. Serta mengandung berbagai macam nutrisi yang menyehatkan dan bahkan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Selain lezat, terong ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terong ungu mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K.

Advertisement

Tentunya, bahan makanan ini juga kaya akan Zat besi, Antosianin, Ellagic Acid, serta Phycocyanian. Berikut lima manfaat mengonsumsi terong ungu bago kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Terong kaya akan berbagai senyawa pelawan kanker, termasuk anthocyanin, solasodine rhamnosyl glikosida (SRGs), dan asam klorogenat yang telah terbukti menawarkan manfaat perlindungan kanker.

Asam klorogenat khususnya mencegah radikal bebas membentuk sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor dan proliferasi sel kanker. Asam klorogenat juga berperan sebagai anti mikroba, antivirus, anti inflamasi, dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

Advertisement

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terong kaya akan bioflavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah. Ini akan mengurangi ketegangan pada jantung, meningkatkan sirkulasi dan umum meningkatkan sistem kardiovaskular yang sehat.

Serat dalam terung dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. HDL rendah juga dapat menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

3. Jaga Kesehatan Pencernaan

Advertisement

Terong tidak hanya menenangkan berbagai jenis masalah pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain yang dikonsumsi secara bersamaan.

Terong kaya akan prebiotik, sejenis serat yang membantu memberi makan bakteri usus baik (probiotik) dan meningkatkan jumlahnya. Probiotik sangat penting untuk usus yang sehat, otak yang sehat, dan sistem kekebalan yang kuat.

Serat dalam terong juga berperan penting dalam mendorong buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, dan merangsang sekresi cairan lambung yang memfasilitasi metabolisme makanan dan penyerapan nutrisi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Advertisement

Terong kaya akan potasium, kalsium, dan vitamin K, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet dan meningkatkan kesehatan tulang. Kalium dan kalsium bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang secara umum.

Kalium membantu penyerapan kalsium di usus yang dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Vitamin K, sebaliknya, meningkatkan produksi sel tulang dan regulasi kalsium, yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi terjadi ketika tekanan darah 130/80 mmHg. Diperkirakan 45 persen orang dewasa di atas 18 tahun memiliki tekanan darah tinggi, menurut Centers for Disease Control (CDC).

Advertisement

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke, aneurisma, kegagalan jantung, demensia, dan gagal ginjal, menurut Mayo Clinic. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar