Rahasia Awet Muda Kulit Kencang Agar Tetap Sehat, Ikuti Delapan Tips Ini

Jakarta, Beritabulukumba.com Setiap orang memang tetap ingin terlihat lebih muda dan akhirnya melakukan banyak cara untuk tetap awet muda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan bahkan beberapa orang sampai harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Tidak sedikit orang yang ingin tetap terlihat muda, cara untuk awet muda sebenarnya cukup mudah, bahkan bisa kamu lakukan rutin di rumah.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat hingga menggunakan skincare tepat sesuai jenis kulit bisa kamu lakukan.

Advertisement

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap awet muda:

Obsesi awet muda adalah bagian dari kompetensi kultural yang digunakan untuk melegitimasi perbedaan sosial. (Foto: Ilustrasi konsumsi makanan sehat) (Beritabulukumba.com)

1. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berdampak pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bila ingin tampak awet muda.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah, gandum utuh, serta protein rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, ikan, dan ayam tanpa kulit.

Advertisement

Batasi makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, karena dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

2. Perbanyak minum air putih

Tak hanya dari makanan, memenuhi kebutuhan cairan dengan cukup minum air putih setiap harinya sangatlah penting dilakukan.

Selain mencegah dehidrasi, minum air juga bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tidak mudah kering dan tampak awet muda. Olehnya, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 2 liter air setiap harinya.

Advertisement

3. Olahraga secara rutin

Tubuh yang bugar dan tampak awet muda juga dapat Anda peroleh dengan berolahraga secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga ringan setiap hari.

Dapat meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat kulit tampak awet muda. Anda dapat memilih olahraga yang disukai, seperti jalan kaki, berenang, atau senam.

4. Tidur yang cukup

Advertisement

Tidur yang cukup adalah salah satu tips awet muda yang mudah dan mungkin Anda sukai. Namun, banyak orang yang sering mengabaikannya.

Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat mempercepat proses penuaan. Jadi, pastikan Anda mencukupi waktu tidur, yaitu 7–9 jam setiap harinya.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat memicu munculnya kerutan dan garis penuaan di sekitar mulut dan mata. Rokok juga dapat memicu noda dan warna kusam pada gigi yang dapat mengganggu penampilan Anda.

Jadi, jika Anda ingin tampak awet muda, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

6. Kurangi stres

Saat mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh dan meningkatkan risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, stres juga bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur dan pola makan, sehingga dapat memicu penuaan. Oleh karena itu, kurangi stres agar Anda tetap sehat dan awet muda.

Advertisement

Ada berbagai cara untuk mengurangi stres yang Anda alami, seperti mencoba terapi relaksasi, melakukan aktivitas yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.

7. Lindungi diri dari paparan sinar matahari

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling mudah terpapar sinar matahari, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk melindunginya.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, baik saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

Advertisement

Hal ini penting dilakukan karena sinar UV dapat merusak kolagen dan serat elastin pada kulit, sehingga kulit menjadi keriput. Selain itu, sinar UV juga dapat memicu munculnya bintik hitam di wajah.

Efek sinar matahari pada kulit ini dapat membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Oleh karena itu, kesehatan kulit perlu selalu dijaga.

8. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Selain mengoleskan tabir surya dan minum cukup air putih, penggunaan produk perawatan kulit yang tepat bisa membuat kulit tetap sehat dari dalam dan menjadikan Anda tampak awet muda.

Advertisement

Anda dapat mencoba berbagai produk perawatan kulit, seperti masker, serum, pelembap, dan toner sesuai dengan jenis kulit.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kulit setiap hari guna menghilangkan minyak berlebih, polutan, sisa riasan, dan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

Penuaan dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari berapa pun usia Anda. Olehnya, pastikan Anda mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dengan menerapkan beberapa tips awet muda seperti yang telah disebutkan di atas. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar