Tips Sukses Jawab Soal Formasi CPNS dan PPPK di 2023, Peluang Lulus 100%

Jakarta, Beritabulukumba.com – Tak terasa rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 sebentar lagi akan dibuka. Pemerintah sudah memutuskan untuk membuka beberapa formasi, meskipun masih menunggu validasi dalam pemerintah daerah setempat.

Bagi kalian yang ingin mengikuti ujian seleksi CAT SKD hingga SKB, maka disarankan agar mengerjakan soal dari yang dianggap paling mudah dan dikuasai serta melewati soal-soal yang dirasa lebih sulit.

Tips dan trik sukses di SSCASN yang perlu kalian perhatikan guna meningkatkan peluang selama seleksi CPNS. (Foto: BKN go id) (Beritabulukumba.com)

Jika masih ada sisa waktu, gunakanlah untuk mengerjalan soal yang belum terjawab. Karena, faktor keberuntungan juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan setiap pelamar lolos uji seleksi.

Tapi Anda tetap harus mengusahakan tes CAT agar lolos dengan cepat dan tepat.

Advertisement

Berikut Tips Sukses Jawab Soal CAT:

Ilustrasi pelaksanaan ujian tes CAT dengan jenis soal SKD CPNS. (Foto: Indonesia College) (Beritabulukumba.com)

1. TRIK MENJAWAB SOAL TKP

Untuk pengerjaannya, karena berpacu dengan waktu, kita harus benar-benar memilah mana soal yang bisa dikerjakan dengan waktu yang lebih cepat dan tidak membutuhkan pemikiran yang lama saat menjawabnya.

Maka kerjakanlah soal Tes Karakter Pribadi (TKP) lebih dulu, karena bentuk soal dari TKP hanya seputar kepribadian yang tidak perlu rumus ataupun hafalan, jadi TKP adalah soal termudah dan soal yang jawabannya bisa paling panjang.

Advertisement

Ketika pikiran kita belum terjejali pertanyaan berat otomatis pikiran masih fresh dan bisa berpikir jernih. Kita hanya perlu menjawab dengan jawaban terbaik dan terbijak.

Bacalah dengan cepat dan jawablah dengan cepat, Ingat dalam satu soal kalian hanya punya waktu paling lama 54 detik untuk menjawabnya, jangan sampai jatah waktu disoal selanjutnya terambil hanya karena lelet mengerjakannya.

Dan hanya pada saat mengerjakan soal TKP inilah kalian punya kesempatan MENABUNG WAKTU! Semakin cepat menjawab, semakin banyak amunisi tabungan waktunya untuk mengerjakan soal-soal sulit seperti pada soal TWK dan TIU.

2. TRIK MENJAWAB SOAL TWK

Advertisement

Setelah soal TKP dilalui, maka langsung dilompat ke soal nomor 1 alias soal TWK. Disoal TWK ini kalian pasti menemukan soal dengan kriteria jawabannya “tidak tahu” dan jawaban “ragu-ragu”. Baca dengan cepat.

Kalau tidak tahu lompati saja, kosongkan yah? Jika ada soal yang kalian tidak tahu jawabannya tapi kalian punya feeling jawabannya kemungkinan misalnya A, maka jawab saja tapi jangan lupa ditulis dikertas kosong sebagai penanda.

Lalu jika ada soal yang membuat kalian bingung karena ada dua jawaban yang kalian feeling benar, maka tulis di bagian “jawaban ragu-ragu” di kertas kosong tersebut

3. TRIK MENJAWAB SOAL TIU

Advertisement

Pengerjaan soal TIU menjadi yang terakhir karena nanti setiap soalnya bisa panjang kali lebar kalimatnya, dan menuntut banyak pemikiran untuk menjawabnya.

Sekali lagi, lompati saja soal yang membutuhkan waktu lama untuk penyelesaiannya. Dan setelah semua soal yang mudah sudah dikerjakan, sehingga tersisa yang susah-susah saja, kembalilah ke soal TKP dan TWK yang kalian tinggalkan tadi.

Segera setelah soal termudah TIU selesai langsung kembali ke soal TKP dan menuntaskannya bagaimanapun jawabannya.

Lalu meloncat ke TWK hingga tidak ada lagi jawaban kosong diantara kedua soal tersebut (TKP dan TWK), kemudian kita bisa fokus menyelesaikan soal TIU yang tersisa.

Advertisement

Selamat berusaha, semoga sukses! ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar