Sosok Bersahaja, Andi Zulkarnain Pangki Kembali Didaulat Baca Teks Proklamasi

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Tokoh masyarakat Bulukumba yang dikenal bersahaja dan merakyat, Andi Zulkarnain Pangki (AZP), kembali didaulat membacakan teks proklamasi pada upacara pengibaran bendera peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Kamis 17 Agustus 2023.

Upacara berlangsung di Lapangan Remaja Kelurahan Jawi-Jawi dimulai pukul 09.30 Wita.

Ribuan masyarakat hadir dari pelosok desa dan kelurahan menyaksikan detik-detik proklamasi ini.

Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba tersebut mengenakan setelan jas hitam dipadukan dengan kopiah hitam, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini tampak elegan di podium kehormatan.

Advertisement

Dia sangat menghayati saat diberikan amanah sebagai pembaca teks proklamasi sebagaimana dibacakan pertama kali oleh Presiden Soekarno.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kanit Intelkam Polsek Bulukumpa, Aipda Ilyas Ardani SH, sementara Inspektur upacara Camat Bulukumpa, Andi Ridwan.

Selain masyarakat umum, pelajar, ASN, dan unsur birokrat lainnya ikut hadir dalam upacara HUT RI ke-78 di Bulukumpa.

Sementara, pasukan pengibar bendera merah putih datang dari putra dan putri terbaik Kecamatan Bulukumpa yang berasal dari SMA/SMK/MA.

Advertisement

Ditemui usai upacara, Andi Zulkarnain Pangki yang akrab disapa Andi Nain mengaku bukan kali pertama dipercaya membacakan teks proklamasi.

Setiap tahun pada upacara pengibaran bendera di HUT Proklamasi Kemerdekaan, ia menjadi perwakilan DPRD daerah pemilihan Bulukumpa-Rilau Ale.

“Alhamdulillah, setiap tahun saya yang membacakan teks proklamasi di upacara HUT Kemerdekaan. Kalau tidak salah sudah 12 kali. Ini menjadi sebuah kehormatan dan kebagaan bagi saya, khususnya masyarakat Bulukumpa,” ucapnya.

Politisi yang kini memutuskan naik kelas ke DPRD Provinsi Sulsel pada Pileg 2024 mendatang mengatakan, kepercayaan masyarakat menjadi kunci dalam setiap keberhasilannya di legislatif.

Advertisement

Dorongan dan dukungan masyarakat pula hingga akhirnya ia memutuskan untuk maju di level provinsi.

“Alhamdulillah, saya sudah tiga periode di DPRD Bulukumba mewakili masyarakat Bulukumpa dan Rilau Ale. Nah, sekarang saya didorong untuk ke (DPRD) provinsi. Ini sebuah tantangan besar bagi saya, tapi tidak ada yang sulit kalau masyarakat yang menginginkan,” ujarnya.

Di kalangan masarakat, Andi Nain sendiri dikenal sebagai pribadi yang bersahaja dan dekat dengan masyarakat khususnya di Kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale.

Kemampuan dan prestasinya selama wakil rakyat di DPRD Kabupaten Bulukumba sejak 2009 silam, tak diragukan lagi. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar