Meriahkan HUT RI ke-78, Divers Kibarkan Bendera di Bawah Laut Bira Bulukumba

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam bawah laut dan budaya maritim, terus menunjukkan kreativitasnya dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Dalam semangat memperingati momen bersejarah tersebut, sebuah aksi yang luar biasa dilakukan di perairan Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Puluhan penyelam atau divers dari komunitas berbeda mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut dengan semangat kebersamaan.

Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 menjadi momentum yang istimewa bagi komunitas divers di Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Advertisement

Mereka melaksanakan aksi pengibaran bendera di bawah laut yang tak hanya spektakuler, tetapi juga sarat dengan makna.

Dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba,Ali Saleng, pengibaran bendera dengan panjang mencapai 50 meter dan lebar 8 meter ini berlangsung dengan cermat dan penuh kehati-hatian.

Aksi yang dilakukan oleh puluhan penyelam ini dimulai dengan pengarakan bendera menuju tepi pantai Tanjung Bira, dengan jarak sekitar satu kilometer.

Dari sana, bendera Merah Putih dibawa ke tengah lautan dengan menggunakan kapal.

Advertisement

Di kedalaman laut yang mencapai 12 meter, 20 penyelam dari berbagai komunitas menyelam melaksanakan pengibaran bendera dengan penuh semangat.

Pengibaran bendera di bawah laut ini memiliki makna yang mendalam. Tidak hanya sekadar merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia, aksi ini juga merupakan simbol komitmen untuk menjaga bahari Nusantara agar tetap lestari.

Dengan memperlihatkan semangat menjaga keindahan dan keberlanjutan sumber daya alam laut, para penyelam memberikan pesan kepada generasi penerus tentang pentingnya menjaga warisan alam Indonesia.

Perayaan ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya, pada tahun 2019, kegiatan serupa juga dilakukan di lokasi yang sama.

Advertisement

Melihat animo dan semangat yang luar biasa dari para penyelam dan masyarakat setempat, pengibaran bendera di bawah laut di Pantai Bira telah menjadi tradisi yang membawa makna khusus dalam peringatan HUT kemerdekaan.

Tindakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut ini memberikan gambaran nyata tentang kesatuan dan semangat gotong royong yang menjadi karakter bangsa Indonesia.

Dalam lingkungan bawah laut yang cenderung sunyi, tetapi penuh kehidupan, aksi ini mengingatkan kita akan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melindungi alam Indonesia, sebagaimana kita juga menjaga keutuhan dan persatuan bangsa. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar