Cek di Sini Jumlah Passing Grade Formasi Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2023

Jakarta, Beritabulukumba.com Pelaksanaan rekrutmen CPNS dan PPPK tahun ini akan segera digelar, para peserta calon pelamar telah mempersiapkan diri sedini mungkin agar lulus dari tahap SKD ke SKB.

Adapun tahan dari pelaksanaan rekrutmen ini dilaksanakan oleh panitia seleksi instansi, setiap pelamar yang lulus seleksi administrasi dapat mengikuti CAT di tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Perlu diketahui, bahwa setiap seleksi CPNS dan PPPK ini diadakan dengan metode Computer Assisted Test atau dikenal dengan sebutan CAT di tahun 2023 sekarang.

Persiapan yang dilakukan sedini mungkin akan menghasilkan peluang lebih besar untuk diterima di CPNS dan PPPK 2023. (Foto: BKN) (Beritabulukumba.com)

Tentu hal ini merupakan sistem seleksi berbasis komputer yang dapat membantu untuk melihat hasil ujian peserta yang memenuhi standar minimal kompetensi.

Dengan metode CAT, hasil yang diperoleh setiap peserta yang ikut bergabung nantinya maka dapat diketahui secara langsung saat pelaksanaan ujian selesai.

SKD terdiri dari tiga materi soal yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan beberapa passing grade untuk formasi umum yang ditetapkan pemerintah.

Soal SKD diketahui berjumlah total 110 butir dan akan dibagi ke dalam beberapa tes.

Ilustrasi pelaksanaan ujian tes CAT dengan jenis soal SKD CPNS. (Foto: Indonesia College) (Beritabulukumba.com)

1. Passing Grade Soal TWK

Advertisement

Passing grade dalam TWK pada formasi umum adalah 65 poin.

‍Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) akan berisi sebanyak 30 butir soal yang memiliki bobot nilai masing-masing.

Untuk jawaban benar akan mendapat 5 poin, jika salah nilainya 0 poin. Sementara nilai tertinggi dalam tes TWK adalah 150 poin.

2. Passing Grade Soal TIU

Advertisement

Passing grade di TIU formasi umum adalah 80 poin.

Selanjutnya yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), berjumlah 35 butir soal di dalamnya.

Jawaban benar di TIU berbobot 5 poin, apabila salah mendapat 0 poin. Serta nilai tertingginya adalah 175 poin nilai.

3. Passing Grade Soal TKP

Advertisement

Kemudian pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) akan berisi 45 butir soal.

Lalu untuk passing grade dalam TKP formasi umum 166 poin.

Dengan mengetahui jumlah soal serta passing grade dalam setiap tes, diharapkan calon pelamar CPNS bisa segera mempersiapkan diri dalam seleksi nanti.

Adapun sesuai jadwal yang beredar tersebut, pengumuman seleksi CPNS yang diajukan oleh BKN adalah tanggal 16 sampai 30 September 2023.

Advertisement

Dan sementara untuk pendaftaran seleksi yang direncanakan, dijadwalkan tanggal 17 September sampai 3 Oktober 2023. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar