STOP Sekarang Juga, Rasakan Lima Manfaat Berhenti Merokok Bagi Tubuhmu

Jakarta, Beritabulukumba.com – Bila Anda sudah berniat bersih dari rokok, tak ada salahnya mengenal bahaya rokok dan segera lakukan beberapa langkah cerdas berhenti merokok sekarang juga.

Merokok merupakan penyebab utama penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru menahun, gangguan janin, gangguan pernapasan (PPOK, dan asma), impotensi, dan kesuburan.

Dari sejumlah penelitian mengungkap kebiasaan merokok berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan hingga menyebabkan kematian. Banyak efek buruk yang didapat dari merokok.

Jadi jika Anda segera berhenti melakukan kebiasaan rutin Anda dengan merokok, maka manfaat berhenti merokok ini bisa dirasakan mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Advertisement

Nah, berikut ini manfaat berhenti merokok bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pria sehat jasmani saat berhenti merokok. (Foto: Sehatfresh.com) (Beritabulukumba.com

1. Lebih Banyak Energi

Manfaat berhenti merokok jangka pendek dan jangka panjang adalah dapat membuat tubuh lebih berenergi. Seiring dengan membaiknya pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh juga akan memberi lebih banyak energi.

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Advertisement

Berhenti merokok meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan. Efek ini semuanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika berhenti merokok, sistem kekebalan tubuh tidak lagi terkena tar dan nikotin. Ini membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan akan cenderung tidak mudah sakit.

Berhenti merokok juga akan meningkatkan aliran darah ke luka, memungkinkan nutrisi penting, mineral, dan oksigen mencapai luka dan membantunya sembuh dengan baik.

3. Turunkan Resiko Kanker

Advertisement

Berhenti merokok akan mencegah kerusakan DNA baru terjadi dan bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan.

Berhenti merokok segera adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko terkena kanker khususnya kanker paru-paru dan kanker tenggorokan. Manfaat berhenti merokok ini didapat setelah 5 hingga 10 tahun berhenti.

4. Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Merokok adalah penyebab utama serangan jantung dan penyakit jantung. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Advertisement

Berhenti segera dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung berdetak normal. Berhenti merokok juga akan menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang bersirkulasi dalam darah. Ini membantu memperlambat penumpukan timbunan lemak baru di arteri.

5. Turunkan Resiko Penyakit Paru-paru

Kerusakan paru-paru sangat sulit disembuhkan, Merokok sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Ini membuat berhenti merokok sangat penting sebelum paru-paru mengalami kerusakan permanen.

Berhenti merokok dapat membuat pernapasan lebih mudah dan terhindar dari penyakit paru-paru. Pada 1 hingga 9 bulan setelah berhenti merokok, batuk, sesak napas, dan hidung tersumbat akan berkurang. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar