Selain Jadi Menu Spesial, Ini Tujuh Manfaat Konsumsi Rumput Laut Bagi Kesehatan

Jakarta, Beritabulukumba.com Tahukah Anda bahwa rumput laut bukan saja lezat. Selain bisa dijadikan menu spesial harian buat keluarga, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dijelaskan bahwa rumput laut merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang mencakup ganggang hijau, ganggang merah, serta ganggang cokelat.

Tentunya, rumput laut sudah menjadi primadona untuk bahan obat-obatan. Manfaat rumput laut untuk kesehatan berkaitan dengan kandungan nutrisinya yang melimpah.

Ada beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral hingga antioksidan bisa kamu temukan dalam makanan laut ini. Bahkan rumput laut dipercaya sebagai makanan rendah kalori.

Advertisement

Nah, seperti yang dirangkum Beritabulukumba.com dari berbagai sumber, pada Kamis (06/07/2023), berikut manfaat rumput laut bagi kesehatan:

Ilustrasi salad wakame dan alpukat (Foto: Pixabay/Zuzyusa) (Beritabulukumba.com)

1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Rumput laut mengandung kalsium, jika Anda alergi terhadap susu sapi, pertimbangkan makanan lain yang mengandung kalsium.

Rumput laut, dan wakame terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium harian. Kurangnya kalsium dapat berdampak pada otot, dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.

2. Turunkan Resiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rumput laut yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Serat larut yang ditemukan dalam rumput laut juga dipercaya dapat membantu menekan perkembangan kanker usus besar. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

3. Bantu Tingkatkan Fungsi Tiroid

Advertisement

Manfaat rumput laut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tiroid. Tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh.

Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut.

Asupan makanan yang direkomendasikan untuk yodium adalah 150 mcg per hari. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah terkonsentrasi dari laut.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Advertisement

Kesehatan jantung juga dapat dijaga dengan konsumsi rumput laut. Manfaat rumput laut satu ini berkaitan dengan kandungan serat larut air yang baik, mengandung asam lemak omerga-3 serta antioksidan.

Selain itu, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat rumput laut yang tak kalah penting adalah membantu luka agar cepat sembuh. Rumput laut kaya akan vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit atau jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah.

Advertisement

Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir.

Anda bisa memilih jenis rumput mana pun, namun perlu diketahui bahwa wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

6. Turunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sedang dalam program diet, juga bisa mendapatkan manfaat rumput laut ini.

Advertisement

Kandungan serat dan fucoidan, sejenis sulfat polisakarida dapat meningkatkan pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak.

Serat membantu seseorang merasa kenyang, tetapi mengandung sangat sedikit atau bahkan tidak ada kalori. Menurut penelitian di Marine Drugs, sejumlah besar serat makanan menunda pengosongan perut.

7. Meringankan Diabetes

Rumput laut dipercaya dapat meringankan diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang bisa didapat dari sayur, buah, dan rumput laut, dapat membantu memperbaiki kadar gula darah.

Advertisement

Jumlah serat yang tinggi membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar.

Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

Jadi, Anda juga bisa mengonsumsi rumput laut yang sudah diolah, tidak ada salahnya memasukkan makanan ini ke dalam menu sehat kamu sehari-hari. Mulai dari campuran salad hingga sebagai kudapan sehat. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar