PSI: BPJS Kesehatan Gratis adalah Cita-cita Konstitusi

Jakarta, Beritabulukumba.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan ‘janji kampanye’ yang menarik perhatian banyak warga negara Indonesia.

Jika berhasil meraih kemenangan pada Pemilu 2024, PSI berkomitmen untuk menggratiskan seluruh layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk seluruh warga negara, tanpa kecuali.

Sejak awal kampanye, PSI telah menyuarakan perjuangan mereka untuk mewujudkan BPJS gratis sebagai cita-cita konstitusi.

Melalui postingan Instagram resmi mereka, @PSI_id, partai ini secara tegas menyatakan agar kesehatan gratis terwujud untuk masyarakat.

“Ayo dukung perjuangan PSI, Kita perjuangkan BPJS gratis. Untuk Indonesia yang sehat dan sejahtera. PSI Menang, BPJS Gratis ‼️”, tulisnya.

Dalam rilis resmi mereka, PSI menegaskan bahwa program BPJS gratis ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut pernyataan dari Wasekjen DPP PSI, Dedek Prayudi, BPJS Kesehatan itu program yang sangat membantu masyarakat.

“Masalahnya selama ini warga masih harus membayar iuran untuk mendapat pelayanan BPJS. Seharusnya seseorang tidak perlu membayar untuk mendapatkan apa yang sudah menjadi haknya, sesuai amanah konstitusi Pasal 28H.” katanya dikutip dari laman resmi PSI yang diterbitkan Februari 2023 lalu.

PSI optimis bahwa dengan dukungan rakyat Indonesia, visi BPJS gratis dapat tercapai.

Dalam pandangan mereka, implementasi program BPJS gratis akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Sistem pendanaan BPJS dari berbasis iuran (contributory) menjadi berbasis pajak (tax financed).

Dengan memanfaatkan pajak transaksi, seperti Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPNBM), untuk membiayai program tersebut. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar