Pi Network Klaim Pi Open Source Mudah Digunakan bagi Developer App

Palo Alto, Beritabulukumba.com – Pi Core Team kembali mengingatkan kehadiran Pi Open Source atau PiOS yang telah dirilis tahun 2023 ini.

Program lisensi PiOS menurut Pi Core Team sangat mudah digunakan untuk membangun platform atau aplikasi yang terkoneksi dengan Pi, mata uang digital Pi Network.

Bahkan Core Team mengklaim PiOS dapat digunakan oleh developer tanpa memiliki pengalaman di bidang blockchain atau crypro sebelumnya.

“Mengembangkan (developing app) di Pi itu mudah, dan tidak memerlukan pengalaman blockchain atau crypto sebelumnya,” tulis Core Team Pi lewat akun resmi di Twitter @PiCoreTeam, Rabu (12/7/2023).

Advertisement

Program lisensi Pi Open Source (PiOS) yang baru itu juga lebih mudah diaplikasikan dari pengembangan sebelumnya.

“PiOS mudah untuk memulai dengan alat dan template yang dirancang untuk dan oleh komunitas Pi,” tulisnya lagi.

PiOS memang menurut Core Team dirancang untuk mendorong developer untuk membagikan kode mereka dan berkolaborasi dengan orang lain untuk memfasilitasi pengembangan Aplikasi Pi yang berkualitas dan membangun ekosistem.

Yang berbeda dengan lisensi ini, memungkinkan pengembang komunitas Pi untuk membuat dan menyumbangkan kode mereka dan membuatnya tersedia untuk digunakan oleh orang lain di Ekosistem Pi.

Ini memiliki implikasi yang luar biasa untuk utilitas jangka panjang di Pi Network.

Untuk pertama kalinya, komunitas pengembang Pi Networks dapat membangun kontribusi satu sama lain, memanfaatkan kebijaksanaan kerumunan kolektif dari komunitas besar kami yang terdiri dari lebih dari 47 juta pengguna yang terlibat dengan mengkonsolidasikan pengetahuan kolektif.

Upaya membangun pengembang komunitas, Pi Network bertujuan untuk membuatnya lebih mudah dari sebelumnya bagi orang untuk mengejar beragam ide dan proyek.

Sumber daya umum ini akan mempermudah pembangunan di atas Pi, mendorong kontribusi bagi ekosistem aplikasi dan utilitas kami yang kuat oleh anggota komunitas Pi––semuanya sambil menyediakan sumber daya yang dibutuhkan komunitas terdistribusi kami untuk membuat produk mereka sendiri.

Advertisement

Dengan akses ini, setiap perintis dapat menggunakan dan memodifikasi repositori kode yang dilisensikan oleh pengembang komunitas lainnya di bawah lisensi PiOS.

Lisensi ini secara eksklusif diperluas untuk digunakan dalam Ekosistem Pi dan menyediakan segala macam opsi untuk memberdayakan pengembang saat mereka memulai perjalanan mereka.

Bagi Pi Network, hal ini penting karena untuk pertama kalinya, setiap pengembang di Pi akan memiliki akses ke pustaka template dan materi yang dapat diedit.

“Semuanya tersedia untuk mereka ulangi dan bereksperimen. Basis pengetahuan Pi kolektif ini memungkinkan Pionir untuk berkembang dan belajar dalam skala besar dan dari satu sama lain, sambil menghemat waktu,” tulisnya di blog resmi minepi.com.

Advertisement

Dengan PiOS, pengembang tidak perlu menemukan kembali roda; sebaliknya, mereka sekarang memiliki alat yang mereka miliki untuk segera mulai membangun.

Pada akhirnya, inovasi ini membantu Pi memenuhi tujuan jangka panjang kami untuk mendorong kolaborasi lintas yang berfokus pada pengguna.

Melalui PiOS kami berharap dapat lebih memberdayakan pengembang yang ingin berbagi basis kode mereka dengan komunitas secara luas dan menciptakan komunitas yang lebih dalam, lebih kompatibel, dan kolaboratif.

Diluncurkan pada awal Hackathon Q1 2023, PiOS telah memungkinkan pengembang komunitas Pi untuk tidak hanya membangun aplikasi Pi yang luar biasa tetapi juga berkontribusi pada upaya pengembangan peserta Hackathon lainnya.

Advertisement

Faktanya, tujuh tim pemenang Hackathon dan sebutan terhormat membuat aplikasi mereka menggunakan PiOS.

Satu tim, khususnya, bertanggung jawab untuk melisensikan kode sumber bersama di mana lusinan tim lainnya dapat membangun aplikasi mereka.

Dengan PiOS menyediakan cetak biru mendasar untuk memulai pengembangan kolektif komunitas.

“Kami melihat lebih banyak proyek berbasis utilitas dibangun di Pi dari pengembang yang memanfaatkan alat komunal kami. Harapan kami adalah dengan mengizinkan Pengembang Komunitas Pi membuat aplikasi dan alat sumber terbuka untuk Ekosistem Pi, komunitas akan terus berkembang,” tulisnya. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar