Merasa Grogi Saat Hadapi Ujian CPNS 2023? Simak Tujuh Tips Ini, Agar Kamu Lulus SKD dan SKB

Jakarta, Beritabulukumba.com – Pendaftaran seleksi CPNS merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang menginginkan karier sebagai ASN di beberapa wilayah masing-masing.

Sebelum Anda mendaftar CPNS maka perlu persiapan, mulai dari persyaratan administrasi hingga mengikuti ujian. Jadi, jangan pernah mengatakan mengikuti CPNS hanya sebagai ajang coba-coba.

Tahukah kamu sahabat BB?
Waktu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023 telah sangat dekat. Seperti halnya akan menghadapi sebuah tes penting, pasti Anda akan ada rasa grogi dan panik bukan?

Untuk itu, jika Anda sudah tahu apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi pendaftaran CPNS, kamu segera persiapkan diri dan lakukan pada jauh-jauh hari.

Advertisement

Berikut ini ada tujuh tips jitu mengatasi grogi saat hadapi ujian CPNS 2023. Dikutip Beritabulukumba.com dari berbagai sumber melansir dari akun Instagram @infocpnsterkini, pada Minggu (02/07/2023).

Ilustrasi merasa grogi saat sebelum hadapi ujian berlangsung. (Foto: The Indian Express) (Beritabulukumba.com)

1. Mempersiapkan Sejak Dini

Mulai saat ini, sebaiknya biasakan untuk mempersiapkan ujian sejak dini. Jangan sampai kita belum siap di detik-detik terakhir.

Karena belajar dengan sistem kebut semalam hanya akan membuat kita stres dan tambah grogi.

Advertisement

2. Istirahat Yang Cukup

Bila kita kurang tidur, hormon dalam tubuh bisa kacau dan ‘merusak’ mood menjelang ujian.

Karena itu, ketika akan menghadapi ujian, pastikan kita beristirahat dengan cukup yaitu minimal sekitar delapan jam sehari. Jangan malah menggunakannya untuk belajar dengan sistem kebut semalam.

3. Menghindari Obrolan Bernada Negatif

Advertisement

Sebelum ujian SKD dan SKB, kita mungkin akan berkumpul bersama teman, entah untuk mempelajari kelompok atau sekadar mengobrol terkait ujian yang akan dilaksanakan.

Pada saat berkumpul itu, tidak menutup kemungkinan ada teman yang mengeluh mengenai ujian SKD dan SKB, menceritakan kecemasan atau ketakutan bila tidak lulus, atau lain sebagainya.

Apapun itu, sebaiknya hindari curhatan yang bernada negatif karena itu hanya akan memberi sugesti kepada kita untuk menjadi grogi.

4. Menciptakan Kata-kata Positif atau Motivasi

Advertisement

Pada dasamya, rasa grogi muncul karena kita tidak pede dengan diri sendiri sehingga memunculkan keinginan menyerah sebelum menenangkan. Karena itu, kita perlu mengubah pola pikir tersebut menjadi positif.

Saat mempersiapkan ujian SKD dan SKB, cobalah memikirkan kata-kata bernada positif seperti saya pasti bisa’, ‘saya mampu lulus ujian besok’, dan masih banyak lagi.

Selain diucapkan ke diri sendiri, kita juga bisa menuliskan kata-kata positif tersebut ke dalam secarik kertas dan menempelkannya ke tempat yang sering kita jangkau, misalnya di buku harian, dinding kamar, dan lain sebagainya.

Disadari atau tidak, melakukan hal tersebut bisa membantu memupuk kepercayaan diri dan mengurangi rasa grogi.

Advertisement

5. Memetakan Hal Terburuk yang Mungkin Terjadi

Dalam menjalani ujian SKD dan SKB, kita tentu harus berusaha, kita juga harus tetap berpikir realistis. Kita perlu memikirkan skenario yang mungkin saja terjadi setelah kita menyelesaikan ujian dan menerima hasil ujian.

Bukannya bikin nyali ciut. Hal ini bertujuan untuk menganalisis risiko apa saja yang bisa terjadi. Kita pun bisa mempersiapkan solusi atau plan B atas risiko tersebut sehingga kita tidak merasa kecewa saat akan menghadapi ujian.

6. Melakukan Teknik-teknik Relaksasi

Advertisement

Tidak ada salahnya melakukan beberapa teknik relaksasi. Misalnya bemapas dalam atau memijat beberapa titik di tangan, seperti di bagian antara ibu jari dan jari telunjuk.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, pikiran dan tubuh kita pun bisa lebih rileks walau akan menghadapi ujian.

7. Jangan lupa berdo’a

Hal lain yang tak kalah penting untuk kita lakukan adalah berdoa agar diberikan kelancaran dalam pelaksanaan ujian.

Advertisement

Ingat sekeras apapun usaha kita. Tuhan sudah punya ketentuan untuk kita. Meski begitu, kita tetap perlu berusaha semaksimal mungkin.

Itulah tujuh tips jitu yang bisa Anda lakukan sebelum ujian SKD dan SKB CPNS di Tahun 2023, agar tidak grogi saat akan menghadapi ujian seleksi formasi nanti. Selamat berjuang! ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar