Lima Langkah Sukses Hadapi Seleksi CPNS di 2023, Tips Jitu Lulus Ujian

Jakarta, Beritabulukumba.com Tidak terasa pendaftaran seleksi CPNS secara online di laman resmi SSCASN BKN akan segera di mulai pada pertengahan tahun 2023 ini.

Hal yang dinantikan oleh calon pelamar PNS membuat mereka banyak khawatir dengan ketidaksiapan mengikuti ujian, namun jangan perlu takut yah?

Disini kami akan memberikan sejumlah trik dan tips sukses selama akan mengikuti sistem seleksi CPNS mulai dari sesi pendaftaran hingga proses ujian berlangsung.

Namun, sebelumnya kalian perlu pahami dulu apa sih itu seleksi CPNS? Nah, sistem ini merupakan pengembangan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengintegrasikan proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara nasional.

Jadi berikut beberapa tips dan trik sukses di SSCASN BKN yang perlu kalian perhatikan guna meningkatkan peluang kamu dalam mengikuti seleksi ini CPNS ataupun PPPK:

Ilustrasi pelaksanaan ujian tes CAT dengan jenis soal SKD CPNS. (Foto: Indonesia College) (Beritabulukumba.com)

1. Persiapan Materi Ujian

Kuasai materi ujian seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk SKD, serta materi yang relevan dengan bidang keahlian Anda untuk SKB.

Dan gunakan sumber belajar seperti buku, modul, dan website terpercaya.

Advertisement

2. Perbanyak Latihan Soal

Kerjakan latihan soal dari sumber yang valid dan berkualitas agar Anda terbiasa dengan pola soal dan tipe pertanyaan yang mungkin muncul saat ujian.

Evaluasi jawaban Anda dan pelajari kembali materi yang masih kurang.

3. Atur Manajemen Waktu

Advertisement

Latih kemampuan Anda dalam menjawab soal secara efisien dan efektif, terutama karena waktu ujian terbatas.

Fokuskan waktu pada soal yang Anda kuasai terlebih dahulu, lalu kerjakan soal yang lebih sulit.

4. Kondisi Fisik dan Mental

Jaga kondisi fisik dan mental Anda dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti tidur yang cukup, makan bergizi, dan berolahraga secara teratur.

Advertisement

Selain itu, hindari stres berlebihan dan jaga kepercayaan diri Anda.

5. Berdo’a dan Berusaha

Terus berdo’a dan berusaha semaksimal mungkin, maka ykinlah bahwa usaha keras Anda akan membuahkan hasil yang baik.

Jadi, persiapkan diri kamu dengan baik yah untuk menghadapi seleksi ini, dan jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Tuhan.

Advertisement

Karna menjadi ASN atau PNS adalah pilihan karir yang menjanjikan, dengan berbagai keuntungan dan peluang pengembangan karir yang tersedia kedepannya. ***

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar