Ini Daftar 65 Istilah Game Mobile Legends, Bro Pemula Wajib Tahu Yah!

Jakarta, Beritabulukumba.com – Mobile Legends memang sudah menjadi game andalan para pecinta MOBA di Indonesia dan seluruh dunia.

Gamenya seru banget dan kompetitif, tapi buat para pemula yang baru ikutan, ngeliat banyak istilah aneh dari para pemain pro bisa bikin puyeng.

Nah, penting banget nih buat para newbie buat pada tau istilah-istilah keren dalam Mobile Legends.

Kenapa? Biar nggak bingung dan bisa ikut nyetrum bareng tim, guys! Istilah-istilah ini juga bikin lo paham strategi permainan dan trik-trik jitu dari player pro.

Advertisement

Di Mobile Legends, komunikasi sama tim adalah kunci utama meraih kemenangan.

Kalo kalian tidak ngerti istilah-istilah keren dari temen satu tim, bisa-bisa bingung terus nih nyampein pesan atau arahan dalam permainan.

Tau istilah-istilah ini bikin lo nyambung sama tim dan jadi kontributor berharga dalam permainan.

Strategi dan triknya banyak banget, Bro!. Istilah-istilah keren kayak “split push,” “gank,” atau “backdoor” itu adalah contoh-contoh trik jitu yang sering dipake.

Advertisement

Kalo kalian ngerti istilah-istilah keren ini, kamu bakal lebih mudah nyambung dan nyoba strategi permainan yang oke bareng tim.

Selain itu, kalian akan lebih percaya diri dan lebih paham tentang cara permainannya berjalan.

Jadi, kamu bisa fokus buat nambahin skill dan trik bermain, dan nggak kena masalah karena kurang paham istilah-istilah keren.

Meta permainan dalam Mobile Legends suka berubah-ubah. Istilah-istilah yang nyambung sama meta bisa bantu ngertiin hero atau strategi yang lagi hits.

Advertisement

Sehingga bisa ikutin perubahan itu dengan cepat dan jadi player yang selalu update, jadi jagoan Mobile Legends yang up-to-date.

Jadi sangat penting untuk pemula paham betul tentang istilah-istilah keren dalam Mobile Legends.

Dengan mengerti istilah-istilah ini, kamu bisa komunikasi lancar, nambahin skill dan trik bermain, serta ikutin tren meta permainan.

Yuk, tunggu apa lagi? Semoga daftar istilah ini bisa bantu para pemula jadi player Mobile Legends yang kece dan jago banget!

Advertisement

1. AFK: Kondisi dimana seseorang harus meninggalkan permainan sementara dan akan kembali secepatnya. Biasanya karena ada urusan mendadak yang harus diselesaikan, tapi AFK belum tentu pemain benar-benar off atau meninggalkan permainan.

2. Ambush: Membuat jebakan untuk musuh dengan bersembunyi, dan menyerbu mereka hingga musuh dikalahkan.

3. Badak: Merujuk pada salah satu pemain dengan rank Epic.

4. Bait: Mengacu pada strategi untuk memancing musuh untuk keluar dari strategi yang mereka terapkan. Istilah ini seperti mengacaukan strategi tim lawan.

Advertisement

5. Ban: Melarang opsi hero agar tidak digunakan oleh musuh.

6. Base: Markas kita atau tim musuh yang harus dijaga atau dihancurkan agar permainan bisa dimenangkan.

7. BKB: Singkatan dari bocah kebanyakan bacot, mengacu pada gamer yang biasanya banyak berbicara ketimbang bermain dengan benar.

8. BOT: Singkatan dari Bottom Lane. Istilah ini sering disampaikan ketika tim sedang mengatur strategi dengan menempatkan masing-masing pemain di lane atau jalur peta Mobile Legends.

Advertisement

9. Buff: Penambahan status dari hero yang dimainkan. Status ini berpengaruh banget pada permainan, dan bisa didapatkan dengan membunuh creep jungle di zona permainan.

10. Cancer: Jangan sampai kalian dijuluki Cancer di dalam tim, karena artinya kalian adalah beban di dalam tim dengan permainan paling buruk.

11. Carry: Kebalikannya dari Cancer, Carry adalah pemain yang bisa meningkatkan performa anggota tim lainnya.

12. CD (Cool Down): Harusnya para pemain Mobile Legends tau istilah ini. CD atau cool down merujuk pada waktu skill bisa digunakan kembali setelah dipakai untuk menyerang musuh sebelumnya.

Advertisement

13. Core: Core berarti hero yang ada di dalam tim punya kemampuan paling kuat dan berpotensi membantu tim memenangkan pertandingan.

14. DPS (Damage per Second): Kalau DPS sih sudah umum di banyak game. Sesuai namanya, istilah ini artinya seberapa besar damage per detik yang dilancarkan ke musuh.

15. Early Game: Mengacu pada fase permainan, dimana Early Game berarti permainan baru memasuki fase-fase awal saja.

16. Farming: Kegiatan untuk mencari uang atau sumber daya di dalam game untuk meningkatkan equipment hingga skill dari karakter atau hero yang dimainkan.

Advertisement

17. Ganking: Mengincar musuh yang tidak dijaga atau di-carry oleh temannya. Aktivitas ini biasanya dilakukan bersama rekan satu tim untuk melakukan ambush dan melumpuhkan lawan.

18. GG (Good Game): Merujuk pada respon rekan setim atas permainan baik yang dilakukan selama pertandingan.

19. GLHF (Good Luck Have Fun): Istilah yang biasanya diucapkan sesudah permainan. Sama seperti GG atau GGWP, pemain sering mengucapkan kata ini untuk mengapresiasi pemain lainnya.

20. Harras: Mengganggu musuh agar tidak menguasai lane tertentu. Hal ini juga merujuk pada mengganggu pemain tim lain untuk melakukan farming.

Advertisement

21. HP: Ini juga istilah umum, menandakan seberapa banyak darah atau health point dari karakter yang kalian gunakan.

22. Invis: Di Mobile Legends, ada item yang memungkinkan pemain bisa menghilang alias tidak terlihat oleh lawan. Selain item, pemain juga bisa bersembunyi di semak-semak agar tidak terdeteksi radar lawan.

23. KDA: Nilai statistik jumlah kill, assist, dan death yang muncul setiap akhir pertandingan.

24. Kelomang: Monster yang bisa diincar untuk mendapatkan Gold tambahan.

Advertisement

25. Killing Spree: kalau suara ini muncul di smartphone kalian, artinya kalian sudah membunuh tiga musuh berurutan.

26. Lag: Kondisi internet yang sedang tidak bagus. Hal ini berpengaruh pada permainan, karena hero pemain seringkali menjadi delay.

27. Late Game: Waktu pertandingan yang sudah berjalan 10 menit ke atas.

28. Legendary: Pasti bangga banget kalau kalian berhasil mencapai status ini. Legendary berarti kalian bisa membunuh 8 musuh atau lebih tanpa kehilangan nyawa sama sekali.

Advertisement

29. Lifesteal: HP pemain bisa kembali penuh saat menyerang musuh.

30. Lord dan Turtle: Merujuk pada monster dalam arena yang bisa dikalahkan untuk mendapat reward tertentu. Kalau mengalahkan Lord, selain bonus Gold, monster ini juga dapat membantu menyerang tower dan markas musuh.

31. Maniac: Empat musuh dikalahkan tanpa kehilangan nyawa sama sekali.

32. Meta: Strategi dengan bermain hero yang sedang kuat atau populer di kalangan gamer.

Advertisement

33. Mekanik: Sebutan bagi pemain yang jago mengatur kontrol dan memperhitungkan skill yang tepat saat menyerang lawan. Pemain jenis ini juga sering jadi andalan, karena bisa memengaruhi jalannya pertandingan.

34. MID: Arti dari Mid lane atau jalur bagian tengah di peta MLBB yang bisa diisi oleh pemain.

35. MM: Sebutan untuk hero Marksman, salah satu hero yang kuat dalam hal damage dan pertahanannya. Hero ini juga bisa menembak musuh dari jauh.

36. MP: Mana Points atau energi yang biasanya dipakai untuk menggunakan skill.

Advertisement

37. MPV: Singkatan dari Most Valuable Player atau pemain terbaik di dalam pertandingan.

38. Offlane: Tipe pemain yang yang biasanya diposisikan sendirian di salah satu jalur dalam map untuk melakukan farming atau menjaga jalur tersebut dari gempuran lawan.

39. Poke: Membunuh musuh secara perlahan untuk mempersulit mereka mencari Gold.

40. Pushing: Strategi bermain menyerang untuk segera menghancurkan benteng akhir musuh.

Advertisement

41. Rank: Acuan untuk mengukur tingkat kemampuan seorang pemain Mobile Legends. Bisa juga berarti kalau tipe pertandingan yang diikuti adalah mode Ranked.

42. Roaming: Melakukan perpindahan dari

satu jalur ke jalur lainnya untuk membantu rekan setim. Biasanya, hero yang sering melakukan roaming adalah Tank atau Assasin.

43. Savage: Berhasil membunuh 5 musuh sekaligus tanpa kehilangan nyawa.

Advertisement

44. Silenced: Mencegah target atau musuh untuk menyerang.

45. Solo: Pemain yang ingin bermain sendiri di salah satu jalur, dan biasanya si pemain sudah mengatakannya terlebih dahulu sebelum permainan dimulai.

46. Stunned: Mencegah target untuk menyerang dengan skill mereka atau kabur dari serangan tim.

47. Tank: Karakter ini biasanya berani mati untuk memulai peperangan dan melindungi pertahanan. Tank merupakan hero dengan defense atau pertahanan paling besar.

Advertisement

48. Thumbs Up: Pujian bagi pemain yang juga berhasil memberikan permainan terbaiknya.

49. TOP: Mengacu pada pemain yang mengisi jalur paling atas atau Top Lane.

50. Troll: Tipe pemain yang cuma bisa bercanda selama pertandingan berlangsung.

51. Farm: Mengumpulkan sumber daya atau uang dengan cara membunuh creep atau monster untuk meningkatkan kekuatan karakter.

Advertisement

52. Burst Damage: Serangan yang sangat kuat dan cepat yang dapat membuat musuh langsung kehilangan banyak darah.

53. CC (Crowd Control): Kemampuan untuk menghambat atau mengendalikan gerakan musuh, seperti stun, slow, atau silence.

54. Kiting: Teknik bermain yang melibatkan serangan dan mundur dengan cepat untuk menjaga jarak dari musuh.

55. Meta Hero: Hero yang saat ini populer dan kuat dalam meta permainan tertentu.

Advertisement

56. Minions: Creep kecil yang muncul secara teratur dari markas dan bergerak menuju basis musuh.

57. Nuke: Serangan besar-besaran yang menyebabkan kerusakan tinggi pada musuh, biasanya memiliki cooldown yang lama.

58. Pentakill: Berhasil membunuh semua anggota tim lawan dalam waktu singkat, sering dianggap sebagai pencapaian luar biasa.

59. Recall: Kembali ke basis untuk memulihkan darah dan membeli item, biasanya dengan menggunakan skill recall.

Advertisement

60. Split Push: Strategi dimana satu pemain menyerang jalur lain untuk menarik perhatian musuh, sementara tim yang lain menyerang basis musuh.

61. Snowballing: Dominasi permainan yang terus berlanjut karena tim yang unggul semakin kuat dan memperoleh keuntungan lebih banyak.

62. Turtle: Monster yang memberikan bonus exp dan gold jika dikalahkan, sering diincar oleh tim untuk keuntungan ekstra.

63. Ultimate: Skill paling kuat yang dimiliki oleh hero, sering disebut dengan skill ulti.

Advertisement

64. Zone: Wilayah yang dikuasai oleh hero atau tim tertentu dalam permainan.

65. Skillshot: Serangan yang harus diarahkan secara manual untuk mengenai musuh, tidak otomatis mengenai target.

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar