Fenomena Istilah Kata FOMO Trending di TikTok, Resah Ketinggalan Tren Gadget Kekinian

Jakarta, Beritabulukumba.com Saat ini media sosial, khususnya Aplikasi TikTok banyak digemari dan digunakan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

TikTok bagai pisau bermata dua bagi para penggunanya, selain berfungsi sebagai sumber informasi, komunikasi, serta hiburan TikTok juga membawa dampak negatif loh.

Banyaknya tren yang ditayangkan dalam platform Tiktok ini dapat menjadikan seseorang tertarik untuk membuat berbagai konten yang mereka inginkan.

Terlihat dari fenomena FOMO dalam Tiktok ini banyak sekali ditemui pada video-video yang sedang viral. Kata FOMO inipun tengah menjadi trending topic di TikTok 2023.

Advertisement

Istilah tata FOMO atau yang lebih dikenal dengan “Fear Of Missing Out” dapat diartikan sebagai rasa resah atau cemas dan ketakutan dalam diri seseorang.

Hal ini dirasakan ketika seseorang merasa tertinggal akan suatu hal yang baru, atau tidak dapat melakukan hal yang orang lain dapat lakukan. Fenomena ini dapat muncul ketika berlebihan dalam menggunakan media sosial.

Viral istilah FOMO di TikTok buat seseorang tertarik berbagai konten yang sama. (Foto: Tangkapan Layar TikTok) (Beritabulukumba.com)

Adapun dampak negatif FOMO yaitu:

Jika dibiarkan, perasaan FOMO hanya akan menimbulkan rasa lelah, stres, depresi, bahkan kesulitan tidur. Pasalnya, seseorang yang memiliki perasaan FOMO akan terus merasa tidak pernah cukup.

Advertisement

Inilah ciri-ciri orang FOMO diantaranya:

1. Selalu mengecek ponselnya bahkan ketika tidur dan sebelum tidur. Mereka tidak mau ketinggalan berita apapun.
2. Lebih peduli dengan media sosial daripada kehidupan nyata.
3. Ingin diakui oleh orang lain di dunia nyata.
4. Selalu ingin tahu kehidupan orang lain.
5. Boros, karena tidak ingin ketinggalan dengan orang lain yang memiliki barang atau sesuatu.
6. Merasa tidak puas dengan semua yang dimilikinya.

Nah, untuk mengurangi rasa FOMO ini, sebaiknya membatasi penggunaan media sosial dan gadget. Tak lupa untuk terus menghargai diri sendiri. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar