Ini Lima Manfaat Konsumsi Buah Apel Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Jakarta, Beritabulukumba.com Buah apel merupakan buah yang serbaguna untuk dikonsumsi. Buah dengan rasa manis yang segar ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai makanan manis.

Selain itu ternyata apel juga bernutrisi dan sangat baik jika ingin diet. Selain itu, apel menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti menurunkan risiko diabetes dan menyehatkan jantung.

Tidak hanya itu, ternyata ada segudang manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh dan bisa melawan atau menghindari berbagai serangan penyakit.

Buah apel mengandung beragam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Selain itu, buah ini tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat jadi aman untuk diet dan usus.

Berikut sederet manfaat mengonsumsi buah apel bagi kesehatan, baik dimakan langsung atau dibikin jus.

1. Menetralisir Kadar Gula Darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin.

Karenanya, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

Advertisement

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari, hal itu dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15 persen.

Bahkan buah apel ini mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh karena mimiliki kandungan serat tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri.

Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri.

Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

Advertisement

4. Menjaga Kesehatan Otak

Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel juga diketahui mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke.

Advertisement

5. Kurangi Resiko Osteoporosis

Kandungan flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse.

Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar