Hujan Tiada Henti di Bulukumba, Waspadai Hal Ini

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Hujan tiada henti mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan sejak Jumat (23/6/2023).

Hingga Sabtu siang, hujan terus terjadi di beberapa wilayah seperti ibukota Kabupaten Bulukumba, tepatnya di kecamatan Ujung Bulu.

Banjir dan pohon tumbang telah dikabarkan terjadi di beberapa wilayah. Seperti Banjir di Desa Balong Ujung Loe dan pohon tumbang di Jalan Cendana, Kelurahan Caile, Ujung Bulu.

Saat menghadapi hujan yang tak kunjung berhenti, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda.

Advertisement

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Banjir

Hujan yang terus-menerus dapat menyebabkan genangan air dan banjir. Jika tingkat air terus meningkat di sekitar Anda, pastikan untuk tetap berada di area yang aman dan hindari berjalan atau mengemudi melalui genangan air yang dalam.

Jangan mencoba menyeberang sungai yang banjir atau mengabaikan peringatan evakuasi yang diberikan oleh pihak berwenang.

Advertisement

2. Longsor

Curah hujan yang tinggi dapat meningkatkan risiko tanah longsor, terutama di daerah yang memiliki lereng curam atau tanah yang tidak stabil.

Jika Anda tinggal di area yang rentan terhadap longsor, perhatikan tanda-tanda peringatan dan evakuasi yang diberikan oleh pihak berwenang. Jika Anda merasa terancam, segera pindah ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

3. Jalan Licin

Advertisement

Hujan yang terus-menerus dapat membuat jalanan menjadi licin dan berbahaya bagi pengendara. Pastikan Anda mengemudi dengan hati-hati, mengurangi kecepatan, dan meningkatkan jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan di depan.

6. Listrik.
Saat hujan lebat, risiko terjadinya korsleting atau gangguan listrik meningkat. Perhatikan keberadaan kabel-kabel listrik yang terpapar air, terutama di sekitar rumah Anda. Pastikan perlengkapan listrik, seperti stop kontak, kabel, dan peralatan elektronik, tidak terkena air. Jika Anda melihat tanda-tanda bahaya listrik, segera matikan sumber listrik dan hubungi petugas listrik terkait.

7. Pohon Tumbang.
Saat hujan deras, pohong tumbang kerap terjadi di beberapa ruas jalan. Hal itu diakibatkan adanya hujan disertai angin atau lembabnya tanah.

Selalu perhatikan peringatan dan arahan yang diberikan oleh otoritas setempat selama hujan yang tak kunjung berhenti. Pastikan Anda mengikuti tindakan pencegahan yang disarankan dan tetap waspada terhadap situasi sekitar Anda. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar