Bisa Bahaya, Inilah Tips Menghentikan Kebiasaan Buka Ponsel Saat Bangun Tidur

Jakarta, Beritabulukumba.com Saat ini smartphone seperti menjadi sebuah kebutuhan pokok yang sulit ditinggalkan, bahkan ketika ingin tidur.

Padahal ada bahaya tersembunyi yang jarang diketahui jika sudah ketergantungan pada ponsel cerdas ini.

Smartphone menjadi barang wajib yang harus selalu dibawa oleh hampir semua orang sekarang ini. Aplagi sudah jadi kebiasaan atau tuntutan pekerjaan.

Namun dari itu, hal lain tanpa disadari seseorang sering langsung mencari ponsel usai bangun tidur. Mulai dari membalas chat atau sekedar scrolling media sosial.

Advertisement

Berikut sejumlah tips untuk menghentikan kebiasaan melihat ponsel saat bangun tidur.

1. Simpan Ponsel di Ruangan Lain

Saat Anda tidak mengandalkan ponsel untuk membangunkan Anda, Anda dapat meninggalkannya di tempat lain. Cara ini akan mengurangi kemungkinan Anda meraihnya pada pagi hari.

“Pilihan bermanfaat lainnya adalah mematikan telepon Anda dan meninggalkannya di ruangan lain sehingga tidak terlihat,” ucap pelatih eksekutif Naz Beheshti.

Advertisement

Menurut Chambers, meletakkan ponsel di tempat lain pada malam hari akan membuat Anda tidak menggulir aplikasi sebelum tidur. Ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Gunakan Alarm Bukan dari Ponsel

Psikolog dan spesialis kesejahteraan Inggris, Lee Chambers, menyarankan, agar lebih baik menggunakan jam alarm yang bukan dari ponsel.

“Menggunakan jam alarm yang bukan perangkat multifungsi menghilangkan godaan untuk menggunakan semua fiturnya,” ujar Chambers.

Anda bisa membeli jam yang sederhana dan tidak terlalu mahal. Bergantung pada model, terkadang suaranya lebih lembut yang akan membangunkan Anda secara bertahap.

3. Pilih Kebiasaan Pagi yang Bikin Bersemangat

Anda bisa mulai kebiasaan pagi yang membuat Anda bersemangat agar perhatian teralihkan dari bermain gawai. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah membuat secangkir teh, menulis di jurnal, atau membaca buku.

Jika memiliki anak, Anda dapat menyetel alarm 15 menit sebelum anak Anda biasanya bangun sehingga Anda dapat melakukan peregangan cepat atau meditasi. Intinya, Anda mengganti kebiasaan bermain gawai dengan kebiasaan yang lebih sehat.

4. Siapkan Akses Batasan Aplikasi

Anda dapat menggunakan pengaturan bawaan di ponsel untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu pada waktu yang ditentukan setiap hari. Baik Iphone atau Android, Anda bisa menyetelnya sendiri.

“Dengan membatasi akses ke aplikasi tertentu, seperti media sosial atau surel, Anda menciptakan penghalang yang menghambat penggunaan ponsel,” ungkap ahli strategi produktivitas Mike Vardy. ***

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar